Jum'at, 22 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

DEKOPIN AWARD: 20 Koperasi terima penghargaan

Muhammad Sarwani   -   Kamis, 28 Juni 2012, 00:25 WIB

BERITA TERKAIT

JAKARTA: Sejumlah 20 koperasi primer dan sekunder dari berbagai kategori usaha menerima penghargaan Dewan Koperasi Indonesia Award 2012 yang diselenggarakan di Puri Agung Grand Sahid Jaya Hotel, Rabu, 27 Juni 2012.

 

Induk Koperasi Kredit Jakarta yang pernah dilaporkan memiliki aset hampir Rp10 triliun, menerima penghargaan kategori Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Sedangkan Puskopelra Jakarta menerima penghargaan untuk koperasi sekunder katgori transportasi.

 

Untuk koperasi sekunder lainnya, terpilih enam penerima Dekopin Award yang baru pertama kali diadakan induk gerakan koperasi nasional tersebut. Keempat koperasi pemenang itu masing-masing, IKPRI Jakarta untuk kategori koperasi fungsional .

 

Pemenang berikutnya adalah Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) dari Jakarta untuk kategori koperasi wanita, Koperasi PKIS Sekar Tanjung Pasuruan untuk kategori koperasi agro industri, dan Puskud Jawa Timur untuk kategori koperasi pertanian.

 

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, menyerahkan penghargaan berupa piala kepada para pembina dan pengurus koperasi yang terpilih menjadi penerima kategori koperasi sekunder. Hadir pada acara itu Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan.

 

Sejumlah 14 koperasi lainnya yang terpilih untuk kategorikoperasi  primer juga berhak atas Dekopin Award 2012. Untuk kategori koperasi simpan pinjam (KSP) dimenangkan Kopdit Lantang Tipo, Kalimantan Barat. Ko[aja Jakarta memenangkan katregori koperasi transportasi.

 

Adapun Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia berhak atas penghargaan koperasi kategori karyawan swasta. Meski baru berdiri pada 2000, namun operasional koperasi awak penerbangan tersebut dinilai berprestasi.

 

Pemenang berikutnya adalah Koperasi Wanita SBW Jawa Timur untuk kategori kelompok wanita, Koperasi Al Hidayah Jawa Timur untuk kelompok Masjid dan Pengajian, KUD Sawit Jaya Riau untuk kategori pertanian dan perkebunan.

 

Berikutnya Koperasi KPSBU Lembang untuk kelompok persusuan, Koperasi Makaryo Mino Pekalongan (Koperasi Perikanan), Kopma UPI Bandung (Pemuda), Koperasi Keluarga Guru Jakarta (Pegawai Negeri), Koperasi Serba Usaha Gajah Mada Yogyakarta (Serba Usaha), KOperasi Srinadi Bali (Pedagang Pasar), dan Kopkinkra Silungkang Sumatra Barat (Kerajinan). (ea)


Editor : Marissa Saraswati

 

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.