Kamis, 27 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

UPAH BURUH: Menteri, Permenakertrans 13/2012 jalan terbaik

Editor   -   Kamis, 12 Juli 2012, 19:12 WIB

BERITA TERKAIT

 

JAKARTA: Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan Permenakertrans No.13/VII/2012 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak merupakan jalan terbaik yang paling adil.

 

Permenakertrans yang baru itu merupakan hasil revisi Permenakertrans No.17/VIII/2005 tentang permasalahan yang sama.

 

"Revisi ini ditetapkan secara objektif dengan pertimbangan matang dari berbagai aspek, termasuk dari usulan dan kajian yang berasal dari semua pihak terkait," ujar Muhaimin pada Kamis (12/7/2012).

 

Dia menjelaskan tuntutan dari pekerja/buruh dan kalangan pengusaha diakomodir pemerintah dalam bentuk revisi peraturan yang berlaku.

 

Dalam penyempurnaan permenakertrans baru ini, lanjutnya, jumlah jenis kebutuhan yang semula 46 jenis komponen kebutuhan hidup layak (KHL) berubah menjadi 60 jenis komponen.

 

Selain itu, terdapat delapan jenis penyesuaian/penambahan jenis kualitas dan kuantitas KHL, serta 1 perubahan jenis kebutuhan.

 

"Penambahan ini digunakan sebagai bahan keputusan dalam pelaksanaan proses survei harga KHL yang baru dalam rangka penetapan upah minimum 2013," ungkapnya.

 

Pemerintah mengakui masih ada pekerja dan pengusaha yang protes dengan hasil keputusan revisi permenakertrans itu.

 

Namun, Muhaimin menegaskan hendaknya dipahami oleh semua pihak bahwa Permenakertrans No.13/VII/2012 sebagai jalan yang terbaik dan jalan yang paling adil.

 

Dia menuturkan mengenai perubahan komponen survei upah KHL ini, pihaknya sejak awal bekerja sama, baik di tripartit nasional maupun di Dewan Pengupahan Nasional.

 

"Sebelumnya kajian Dewan Pengupahan Nasional yang menambah 4 komponen itu berdasarkan masukan dari Forum Koordinasi Dewan Pengupahan Daerah, dari serikat pekerja/serikat buruh dan Apindo, serta Tripartit," paparnya.

 

Pada akhirnya, Muhaimin menyatakan komponen KHL ditambah 14 dan tidak mungkin jika komponen ini menjadi 128, seperti tuntutan pekerja atau hanya ada penambahan 4 komponen. (msb)

 

 


Source : R. Fitriana

Editor : Novita Sari Simamora

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.