Minggu, 20 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

GALANGAN KAPAL: 8 Perusahaan lokal investasi Rp1 triliun

Editor   -   Selasa, 25 September 2012, 16:01 WIB

BERITA TERKAIT

JAKARTA: Sekitar delapan perusahaan lokal siap merealisasikan investasi di bidang galangan kapal dengan total investasi berkisar Rp1 triliun pada tahun ini.Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, menuturkan investasi tersebut terletak di sejumlah daerah, seperti Lamongan, Banten, Lampung, dan Makassar.Menurut Budi, setidaknya ada tiga perusahaan yang siap menambah investasinya di Lamongan, Jawa Timur, dengan estimasi total investasi Rp600 miliar-Rp700 miliar.Ketiga perusahaan itu adalah PT Dok dan Perkapalan Surabaya, PT Daya Radar Utama, dan yang satu lagi saya lupa namanya."Dua perusahaan sudah siap beroperasi tahun ini. Yang satu sudah running, yang satu sudah trial production, yang satu lagi kemungkinan beroperasi pada tahun depan," katanya usai membuka kegiatan Pameran dan Seminar Industri Permesinan dan Alat Transportasi, Selasa (25/9/2012).Selain itu, ada pula pabrik galangan kapal di Lampung yang hendak melakukan revitalisasi. Begitu juga halnya di Banten, sejumlah perusahaan ingin melakukan revitalisasi.Bila digabungkan, investasi perusahaan galangan kapal di kedua provinsi tersebut mencapai Rp200 miliar hingga akhir tahun ini.Dia menambahkan PT Industri Kapal Indonesia (IKI) akan menambah investasinya dengan melakukan revitalisasi pabrik di Makassar, Sulawesi Selatan, dengan total investasi berkisar Rp100 miliar."Kondisi itu membuktikan perusahaan dalam negeri sudah siap untuk menyambut pertumbuhan industri galangan kapal," tuturnya.Budi menegaskan pertumbuhan industri galangan kapal didorong oleh sejumlah faktor, a.l. Pertamina sedang membutuhkan tanker-tanker baru untuk mendistribusikan hasil produksinya, diantaranya kapal yang berkapasitas 17.500 ton double hull."Potensi itu mau kita ambil agar bisa diproduksi di dalam negeri," ujarnya. (ra)


Source : Herdiyan

Editor :

 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.