Senin, 22 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

KREDIT UKM: BRI dan Mandiri janji penyaluran lebihi Rp500 miliar

Muhammad Sarwani   -   Kamis, 01 November 2012, 22:04 WIB

BERITA TERKAIT

JAKARTA—Bank Rakyat Indonesia dan Bank Mandiri menjanjikan akan melampaui target penyaluran sekitar Rp500 miliar untuk program kredit usaha rakyat dari plafon yang dibebankan pemerintah, yakni sebesar Rp15 triliun dan Rp3,5 triliun.

Choirul Djamhari, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan keinginan kedua bank itu melebih target penyaluran kredit usaha rakyat (KUR), untuk memaksimalkan kinerja sektor riil.

”Meski penyaluran dana KUR pada tahun ini sudah mencapai target sebesar Rp25 triliun, namun perbankan penyalur dana KUR tetap ingin bekerja optimal untuk memberdayakan pelaku usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM),” katanya kepada Bisnis, hari ini (1/11).

Selama ini, katanya ada kesalahan persepsi bahwa pemerintah menargetkan penyaluran Rp30 triliun. Angka itu sebenarnya sasaran, bukan target. Sasaran itu diutarakan Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, berdasarkan data empirik 2011, saat dana KUR yang tersalur Rp29 triliun.

Dengan demikian, katanya, target penyaluran KUR pada 2012 sudah tercapai, bahkan terlampaui, karena hingga 19 Oktober 2012 jumlahnya telah mencapai Rp25,9 triliun. Meski demikian dia belum berani memastikan apakah sasaran Rp30 triliun bisa tercapai.

”Dalam sisa waktu sekitar dua bulan menjelang akhir tahun, kami tetap percayakan seluruh bank penyalur KUR bisa bekerja optimal. Itu sebabnya Kementerian Koperasi dan UKM sebagai instansi terdepan menggerakkan kinerja perbankan, puas atas janji yang diberikan Bank BRI dan Bank Mandiri.

Yakni, menyanggupi untuk menyalurkan lebih besar dari target awal. Bank BRI misalnya, menargetkan penyaluran tahun ini sebesar Rp15 triliun. Target itu sudah dilampaui, karena hingga 19 Oktober 2012 sudah menyalurkan dana sebesar Rp15,7 triliun.

Adapun Bank Mandiri sudah menyalurkan dana sebesar Rp3 triliun. Oleh karena itu Kementerian Koperasi dan UKM mengharapkan kinerja seluruh perbankan bisa optimal. Dengan demikian sasaran penyauran bisa lebih tinggi dari angka saat ini sebesar Rp25,9 triliun.

Adapun total penyaluran yang dilaksanakan 26 Bank Pembanguan daerah (BPD) hingga 19 Oktober 2012 mencapai  Rp2,8 triliun dari target awal sekitar Rp5 triliun. Meski kinerja seluruh bank peserta tidak merata, namun dalam sisa waktu dua bulan diharapkan semakin membaik.

”Dengan demikian, sasaran penyaluran hingga Rp30 triliun bisa didekati, walau untuk mencapai  Rp30 triliun kemungkinannya tidak bisa diperkirakan. Mungkin bisa saja tercapai, akan tetapi yang pasti target awal sebesar Rp25 triliun sudah bisa tercapai,” ujar Choirul Djamhari.(msb)


Source : Mulia Ginting Munthe

Editor : Novita Sari Simamora

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Berlangganan ePaper Bisnis dan Indonesia Business Daily bisa dengan PayPal. Klik disini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik disini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.