Sabtu, 30 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

SIAM CEMENT Berminat Bangun Pabrik Di Sukabumi

Ismail Fahmi   -   Rabu, 06 Maret 2013, 06:32 WIB

BERITA TERKAIT

SUKABUMI:--Siam Cement Group  (SCG) merangkul  PT Semen Jawa untuk mendirikan pabrik semen di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan target produksi 3,4 juta ton per tahun.  

Presdir  SCG Nantapong Chantrakul mengatakan target produksi sebesar itu  sesuai dengan perhitungan yang dilakukan perusahaan atas potensi kandungan bahan baku semen yang berada di Kab. Sukabumi.  

 “Produksi semen akan mulai dilaksanakan pada kuartal kedua 2015,” ujarnya, di Sukabumi, Selasa (5/3) petang.  

Pihaknya menjamin, keberadaan pabrik semen di Sukabumi  tidak akan mengganggu masyarakat seperti dari polusi maupun limbahnya. 

"Keberadaan pabrik ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena kami mempunyai progam setiap proyek  harus memberikan sinergitas yang saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat,"  tegas Nantapong.  

Bupati Sukabumi Sukmawijaya menjelaskan  pembangunan pabrik semen tersebut  kini dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat.

“Yang pasti, dengan dibangunnya  pabrik semen tersebut nantinya mendatangkan banyak manfaat seperti bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar,"  ujarnya.. 

Menurut Sukmawijaya, pembangunan pabrik semen ini diperhirtungkan dari potensi bahan tambang semen yang ada di Kabupaten Sukabumi cukup melimpah. Pada 2006, ada perusahaan semen lokal Sukabumi yang melirik potensi tersebut.  

Seiring perjalanan waktu, lanjut Sukmawijaya,  perusahaan lokal tadi  kemudian mencari investor hingga akhirnya mendapatkan kerjasama dengan Siam Cement Group  yang merupakan salah satu perusahaan semen terbesar di Thailand.  

Rencananya pabrik semen ini berada di Kecamatan Gunungguruh. Untuk bahan bakunya akan diambil dari Kecamatan Nyalindung dan Jampangtengah.   

Dipilihnya Gunungguruh untuk pembangunan pabrik terbut, menurutnya,  karena lokasinya yang strategis, baik untuk mengambil bahan baku maupun untuk distribusi produk. (Antara/if)


Source : Newswire

Editor : Other

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.