Minggu, 23 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

RUMAH SAKIT APUNG: Diluncurkan di Kepulauan Seribu

Anugerah Perkasa   -   Senin, 18 Maret 2013, 10:52 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA--Pelayanan medis perdana rumah sakit apung diluncurkan di Kepulauan Seribu dengan bekerja sama dengan Brigade Mobil dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DKI Jakarta guna meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh DoktorShare, organisasi nirlaba yang memfokuskan pada pelayanan kesehatan medis dan bantuan kemanusiaan.

Dalam keterangan persnya Senin (18/3)  Aurelia Angelina Vanessa mengatakan pihaknya melakukan pelayanan pertama di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu pada pekan lalu. Pelayanan medis yang dilakukan adalah pengobatan umum, bedah minor dan bedah mayor.

Dia memaparkan kegiatan pengobatan umum, bedah minor dan bedah mayor dilakukan serentak mulai pada  13.00 WIB yang dilakukan balai karang taruna Pulau Panggang dengan total pasien 320 orang.

Menurut Aurelia, lima penyakit terbanyak yang ditemukan adalah hipertensi, ISPA, dermatitis, dyspepsia, dan myalgia.

"Warga merasa sangat antusias dengan adanya kegiatan pelayanan medis ini, walaupun terdapat puskesmas di tiap pulau dan sebuah RSUD Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, mereka belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal karena fasilitas yang belum memadai," kata Aurelia dalam keterangannya.

DoctorShare juga memberikan penyuluhan kesehatan dalam kegiatan tersebut pada murid sekolah dasar. Aurelia memaparkan penyuluhan itu guna membiasakan diri agar anak-anak tidak jajan sembarangan, mengonsumsi makanan bergizi, buang air besar dan buang air kecil di toilet serta membiasakan mencuci tangan yang baik dengan menggunakan sabun dari air mengalir.

"Hal-hal sederhana seperti inilah yang sering dilupakan oleh anak-anak sehingga mempermudah terjadinya penularan penyakit seperti diare, demam tinggi dan muntah- muntah," kata Aurelia. (if)


Source : Anugerah Perkasa

Editor : Other

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.