Selasa, 23 Desember 2014

KERETA API EKONOMI: Tawang Jaya Per 1 April Dilengkapi AC, Tiket Naik 100%

Endot Briliantono Rabu, 20/03/2013 19:46 WIB

BISNIS.COM, SEMARANG -- Kereta Api Ekonomi Tawang Jaya Jurusan Semarang Poncol - Pasar Senen Jakarta  (PP) per 1 April 2013 dikandangkan, sebagai gantinya PT KAI akan mengoperasionalkan KA Tawang Jaya AC.

Menurut Manager Humas PT KAI Daops IV Semarag, Surono, penambahan AC pada kereta ekonomi tersebut berdampak pada kenaikkan tarif hingga 100%, yaitu dari semula  Rp40.000 menjadi Rp75.000 hingga Rp200.000.

“Tarif baru yang akan diberlakukan untuk jurusan Semarang Poncol-Jakarta Pasar Senen dan sebaliknya, berada pada rentang batas bawah Rp75.000 dan batas atas Rp200.000 sesuai situasi pasar. Kisarannya sekitar Rp100.000,” kata Surono melalui keterangan pers yang diterima Bisnis, Rabu (20/3/2013).

Dia mengatakan penambahan fasilitas pendingin ruangan atau ac pada gerbong menjadi faktor penyebab kenaikan tarif tersebut. “Penambahan fasilitas AC tentu memerlukan biaya tambahan untuk pengoperasiannya, maka harga tiket KA Tawang Jaya ac ini juga harus kami sesuaikan,” ujarnya.
 
Menurtnya, penyesuaian harga tiket tersebut masih dalam batas kewajaran dan sebanding dengan peningkatan kenyamanan yang di dapatkan penumpang. “Penjualan tiket KA Tawang Jaya AC akan mulai dilayani Sabtu (23/3) untuk keberangkatan 1 April 2013. Namun bagi penumpang yang telah memesan tiket KA Tawang Jaya sebelum Sabtu (23/3), tetap dinyatakan berlaku dan tidak akan dikenakan tambahan selisih harga tiket,” tuturnya.
 
Surono mengatakan pengoperasian KA Ekonomi Ac Tawang Jaya tersebut merupakan salah satu realisasi dari program PT KAI (Persero) yang menggariskan seluruh kereta api jarak jauh dan menengah telah menggunakan AC pada 2013, baik kelas eksekutif, bisnis maupun ekonomi.
 
Selain KA Ekonomi Tawang Jaya (Semarang Poncol-Pasarsenen pp), kereta api ekonomi lain di lintas utara yang telah menggunakan ac adalah KA Brantas (Kediri- Tanahabang pp), KA Matarmaja (Malang-Pasarsenen pp), dan KA Kertajaya (Surabaya Pasarturi-Tanjung Priok pp).
 
Kereta api Tawang Jaya AC akan menggantikan KA Ekonomi Tawang Jaya non ac yang selama ini beroperasi melayani trayek Semarang Poncol-Pasarsenen, yang saat ini telah dilengkapi penyejuk ruangan.
 
“Dengan penambahan fasilitas ac diharapkan kenyamanan penumpang kelas ekonomi dari Semarang tujuan Jakarta dan sebaliknya akan bertambah baik. Kami ingin merubah paradigma KA ekonomi yang selama ini identik dengan kesan sumpek dan tidak nyaman menjadi angkutan yang bersih, dan nyaman meskipun kelas ekonomi",” tuturnya.
 
Selain pemasangan AC, PT KAI Daop IV Semarang juga akan memasang kaca film dengan tingkat keredupan 80% dan melengkapi stop kontak charger  di semua tempat duduk kereta secara bertahap, sehingga disamping lebih nyaman penumpang juga akan tetap bisa menggunakan peralatan komunikasi dan hiburannya selama dalam perjalanan.
Apps Bisnis.com available on:    
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
more...