Sabtu, 01 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

KERETA API: Tiket KA Semarang - Jakarta, Bandung, Surabaya, Habis

Endot Briliantono   -   Jum'at, 29 Maret 2013, 14:57 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, SEMARANG – Sedikitnya 4.500 tiket perjalanan kereta api (KA) rute jarak jauh untuk keberangkatan Minggu (31/3/2013) dari Semarang menuju sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya sudah habis terjual.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Surono mengatakan tiket perjalanan kereta jarak jauh dari Semarang menuju sejumlah kota besa tersebut yang masih tersisa saat ini untuk keberangkatan hari Jumat dan Sabtu ((29-30/3/2013).

“Pada liburan Paskah kali ini, yakni antara Jumat hingga Minggu, jumlah tiket yang kami sediakan sekitar 4.500 tiket. Untuk keberangkatan Minggu sudah habis terjual, yang masih tersisa hanya Jumat dan Sabtu, masing-masing masih tersisa 20%,” tuturnya, kepada Bisnis, Jumat (29/3/2013).

Menurutnya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang tersebut, pihaknya telah melakukan penambahan sartu buah gerbong pada setiap rangkaian KA. Keseluruhan dilayani sekitar 8 kereta api yang terdiri dari beberapa rangkaian gerbong.

“Karena gerbong ditambah, otomatis tiket yang disediakan meningkat dibandingkan hari biasa yang hanya sekitar 3.600 tiket untuk jarak jauh, sementara untuk perjalanan jarak menengah atau lokal menjadi 4.000 tiket dibandingkan hari biasa sekitar 3.200 tiket,” tuturnya.

Dia mengatakan, selain perjalanan KA jarak jauh, untuk perjalanan KA jarak memengah atau lokal dari yang disediakan 4.000 tiket, sebanyak 50% diantaranya telah terjual untuk keberangkatan Jumat dan Sabtu. Sementara untuk keberangkatan Minggu, tiket KA menengah atau lokal telah terjual 80%.

“Peminat tiket KA pada hari terakhir long weekend itu mayoritas calon penumpang yang hendak balik ke tempat aktivitasnya di Jakarta, Bandung dan Surabaya, seusai berwisata atau pulang kampung di beberapa daerah di Jawa Tengah,” tuturnya.

Pihaknya dipastikan akan memaksimalkan seluruh rangkaian kereta yang ada, seperti kelas ekonomi delapan gerbong, bisnis dan eksekutif 10 gerbong. “Itu sudah termasuk penambahan satu hingga dua gerbong di semua kelas” ujarnya.

Sementara itu, peningkatan volume penumpang pada masa libur Paskah kali ini juga dirasakan pelaku usaha travel di Semarang. Bayu Kuncoro, Supervisor Ticketing Joglosemar Tour and Travel mengatakan libur panjang ini terjadi peningkatan penumpang hingga 50% dibandingkan hari biasa, dan mayoritas menuju Yogyakarta.

“Saat ini keberangkatan dari Semarang setiap jam, mulai pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB selalu penuh dengan penumpang. Kami melayani dengan armada minibus kapasitas 27 seat dan 8 seat,” tuturnya.

Meskipun permintaan meningkat, pihaknya mengaku belum dapat memastikan akan ada penambahan armada atau tidak, mengingat sulitnya awak angkutan mendapatkan solar.

“Jaminan ketersediaan solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hanya untuk solar non subsidi dan itu berkonsekuensi pada biaya operasional yang harus ditanggung. Meskipun biasanya saat masa liburan, ada penambahan armada bus kapasitar 47 seat,” tuturnya.


Source : Puput Ady Sukarno

Editor : Other

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.