Jum'at, 25 Juli 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

MUDIK LEBARAN 2013: Jalan Pantura Mantap 97%

Thomas Mola   -   Kamis, 25 April 2013, 01:33 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum memastikan jalur pantai utara (pantura) Jawa siap mendukung kelancaran arus mudik lebaran. Kementerian PU terus melakukan perbaikan jalan di beberapa titik jalur pantura yang mengalami kerusakan.

Direktur Jenderal Bina Marga Djoko mengungkapkan kondisi ruas jalan pantura 97% dalam kondisi mantap, sementara sisanya berada dalam kondisi rusak ringan dan rusak berat.

Kerusakan terparah terjadi di wilayah Banten sepanjang 500 meter, sementara kerusakan ringan juga sepanjang 500 meter di Km1 Brebes. Perbaikan di kedua titik yang mengalami kerusakan itu diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp23 miliar.


Ia menjelaskan beban jalan pantura selama lebaran justru lebih ringan karena mayoritas kendaraan yang menggunakan jalur tersebut adalah kendaran golongan I.

“Kita upayakan agar lalu lintas selama lebaran tidak terganggu. Jalan yang rusak parah sedang dalam proses tender pengerjaan dengan menggunakan perfomace based contrac (PBC). Sementara yang rusak ringan akan tangani sendiri, sebelum lebaran sudah selesai,” jelasnya di Cirebon, Rabu (24/4/2013).

Selain memperbaiki jalan yang rusak, Ia mengungkapkan pihaknya saat ini tengah memperbaiki tujuh jembatan di jalur pantura yang diperkirakan masing-masing jembatan menelan biaya sekitar Rp12-15 miliar.

Ketujuh jembatan itu yakni Jembatan Kalimenir (Indramayu), Jembatan Cimanuk (Garut), Jembatan Pilangsari (Cirebon), Jembatan Bandengan (Cirebon), Jembatan Wudukwur (Cirebon), Jembatan Kebarepan (Cirebon) dan Jembatan Ruwu Urip (Cirebon).

Selain itu, Bina Marga juga memperbaiki Jembatan Pemali Brebes yang amblas. Jembatan tersebut akan ditangani sementara dengan cara dilapisi beton dan menyediakan jembatan alternatif.

“Jembatan Pemali belum bisa tangani secara permanen karena membutuhkan waktu. Pasca lebaran kita akan rekonstruksi ulang agar lebih kuat menahan beban,” jelas Djoko.

 (faa)


Editor : Fahmi Achmad

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.