Rabu, 23 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

SHALE GAS: Pertamina Teken KKS Gas Nonkonvensional Pertengahan Mei

Bambang Supriyanto   -   Senin, 06 Mei 2013, 11:33 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA -- PT Pertamina (persero) menjadi perusahaan pertama yang menandatangani kontrak kerja sama wilayah kerja shale gas (nonkonvensional).

Dirjen Migas Kementerian ESDM Edy Hermantoro seusai pembukaan Lokakarya Gas di Jakarta, Senin (6/5) mengatakan, penandatangan dilakukan bersamaan dengan kegiatan konferensi Asosiasi Perminyakan Indonesia (IPA) pada pertengahan Mei 2013.

"Kontrak pertama shale gas akan diteken saat IPA pertengahan bulan ini," katanya.

Indonesia mulai mengembangkan shale gas sejak 4 tahun lalu. Shale gas merupakan gas yang terjebak dan berada di batuan dangkal.

Potensi shale gas Indonesia diperkirakan mencapai 574 TCF atau lebih besar dibandingkan gas metana batu bara (CBM) 453,3 TCF dan gas konvensional 153 TCF.

Cadangan shale gas antara lain berlokasi di Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Papua. Lokasi shale gas tidak sedalam gas konvensional, yakni hanya  300-400 meter di bawah permukaan. Gas konvensional bisa mencapai 2.000 meter di bawah permukaan.

Amerika Serikat diketahui telah memanfaatkan shale gas secara massal.


  Edy Hermantoro mengharapkan produksi pertama shale gas bisa dilakukan 5 tahun ke depan atau 2018.

Wilayah kerja Pertamina tersebut berlokasi di Sumatera Utara yang berdekatan dengan Aceh.

Berdasarkan data sementara, potensi shale gas di area itu mencapai 15 triliun kaki kubik (TCF).

Menurutnya, sesuai dengan regulasi, Pertamina bisa langsung mengajukan penawaran pengembangan shale gas, tanpa melalui tender.

Edy juga mengatakan akan mengumumkan lelang dua blok shale gas yang berlokasi di Riau dan Kalimantan Tengah.

Kedua blok tersebut akan ditawarkan melalui mekanisme penawaran langsung.

Menurut dia, secara total, pemerintah sudah menerima 75 proposal pengembangan shale gas. Status proposal tersebut antara lain dalam proses studi bersama, sedang dalam proses, dan akan diproses. (Antara)


Source : Newswire

Editor : Bambang Supriyanto

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.