Jum'at, 22 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

DANA BERGULIR: Usaha Kecil Diberi Kesempatan Mengakses Ulang

Mulia Ginting Munthe   -   Senin, 20 Mei 2013, 20:16 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA—Lembaga Pengelola Dana Bergulir memberi kesempatan kepada  koperasi sebagai mitra penyalur pembiayaan kepada usaha mikro, kecil dan menengah melakukan repeater atau mengakses ulang pembiayaan dengan catatan tiga poin penting.

Direktur Utama Lembaga Pengeloal Dana Bergulir (LPDB), Kemas Danial mengatakan kesempatan mengakses ulang pembiayaan itu dengan mempertimbangkan mitra mereka berada di wilayah kantong kemiskinan.

”Selain itu koperasi tercatat taat dan tertib mengembalikan angsuran pinjaman, serta pelaporan yang dilakukan masuk kategori lancar. Poin ketiga koperasi melunasi seluruh sisa outstanding pinjamannya,” katanya kepada Bisnis, Senin (20/5/2013).

Itu adalah salah satu jaminan yang diberikan lembaga tersebut. Secara khusus untuk menjamin kepastian atau kesinambungan perguliran dana ke depan. Mitra LPDB diharapkan tetap komitmen mengembalikan pinjaman melalui angsuran pokok dan dengan tepat waktu.

Menurut dia, kesempatan itu dibuka sebagai upaya meningkatkan daya saing koperasi sebagai mitra penyalur maupun pelaku usah akecil dan menengah (UKM) dalam sistem perekonomian nasional. Caranya adalah mengoptimalisasi penyaluran dana bergulir ke seluruh lapisan masyarakat.

Pada tahun ini LPDB memang memprioritaskan dana bergulir kepada koperasi yang mengelola usaha sektor rill. Saat ini ada empat jenis koperasi yang menjadi sasaran utama menjadi mitra penyalur. Masing-masing, koperasi simpan pinjam (KSP), produsen, jasa, dan konsumen.

Dari empat jenis usaha koperasi tersebut, yang relatif dan layak dinyatakan mengalami peningkatan adalah koperasi simpan pinjam. Tiga jenis koperasi lainnya belum bisa berfungsi optimal menggerakkan sector usaha riil.

Karena itu LPDB lebih fokus menyalurkan dana bergulir kepada koperasi-koperasi yang mengelola usaha sektor rill agar bias meningkatkan sakala usahanya dengan pendanaan dari lembaga yang menjadi satuan kerja Kementerian Koperasi dan UKM.

Untuk memperluas jangkauan debitor ke seluruh Indonesia, LPDB bahkan telah merancang perjanjian kerja sama dengan Sriwijaya Air. Implementasi kerja sama itu adalah melalui diskon 10% bagi seluruh debitor LDPB setiap membeli tiket perjalanan.

”Manfaat itu tidak hanya bagi individu, tetapi berlaku bagi seluruh keluarga dan anggota koperasi mitra LPDB. Implementasi kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan mengumumkan kepada mitra bagi yang ingin mengikuti program tersebut. “Mereka harus mengusulkan ke LPDB.” (mfm)


Editor : Fatkhul Maskur

 

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.