Kamis, 23 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Kemenkop Fasilitasi Kemitraan UKM-Hypermart

Mulia Ginting Munthe   -   Kamis, 30 Mei 2013, 20:29 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA-Kementerian Koperasi dan UKM kembali memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah untuk bermitra dengan perusahaan ritel modern dengan kapasitas sebagai pemasok produk.
 
Neddy Rafinaldy Halim, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan pada dasarnya kemitraan merupakan hal yang lumrah dalam berbisnis. ”Tidak ada bisnis yang hanya dilakukan sendiri oleh seorang pelaku. Setiap pelaku usaha pasti bekerjAsama dengan pelaku usaha lain. Tidak terkecuali pelaku usaha mikro dan kecil,” katanya kepada Bisnis, Kamis (30/5/2013).

Adapun fasilitasi terhadap UKM yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM dengan perusahaan ritel modern khusus dari Lampung. Sedangkan mitra kerjanya adalah PT Matahari Putra Prima Tbk selaku pengelola  toko ritel modern Hypermart.

"Pada Jumat 31 Mei bertempat di Hotel Marcopolo Bandarlampung, digelar temu mitra pengembangan UKM dengan pola kemitraan tersebut," katanya, Kamis (30/5/2013).

Dia mengemukakan berdasarkan pengalaman selama ini, masalah yang selalu dihadapi UKM dalam sistem kerja sama adalah mitra yang kuat menekan pelaku usaha skala UKM. Akibatnya pihak yang lemah selamanya menjadi lemah walaupun bisnis dari hasil kerja sama berkembang menjadi besar.

Asisten Deputi Urusan Kemitraan dan Jaringan Usaha, Abdul Kadir Damanik menjelaskan kemitraan UKM pola perdagangan umum dilandasi pemikiran peluang bisnis yang bisa diakses pelaku UKM untuk mengembangkan pemasaran produk melalui kerja sama dengan ritel modern.


Editor : Yusran Yunus

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.