Jum'at, 01 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

KELISTRIKAN: Asosiasi Kontraktor Listrik Gandenga Perbankan

Ashari Purwo Adi N   -   Senin, 10 Juni 2013, 15:09 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, DENPASAR—Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia menggandeng perusahaan perbankan guna mempermudah akses permodalan menghadapi persaingan di Asean Economic Community pada 2015.

Pudji Nugroho, Ketua Umum Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI), mengatakan persaingan dengan industri kelistrikan di kawasan Asean memang harus ditangani secara serius.

“Usaha menggandeng dunia perbankan ini juga mengarah pada usaha yang dilakukan AKLI untuk menghadapi era pasar bebas 2015 mendatang,” katanya, Senin (10/6).

Pudji menjelaskan, perusahaan kelistrikan asing tentu saja telah mempersiapkan finansial yang besar. Untuk itu, AKLI melakukan kerjasama dengan sejumlah bank, antara lain, PT Bank BRI, Bank Bukopin, PT Bank BNI serta PT Bank Mandiri untuk mempersiapkan permodalan.

“Pada konsep kerjasama dengan perbankan, proyek-proyek visible yang dilakukan anggotanya bisa memanfaatkan dana perbankan jika mengalami masalah finansial,” katanya.

Persaingan industri ini diklaim akan semakin lebih ketat. Pasalnya, mereka kontraktor listrik asing, jauh lebih siap dari segi permodalan, sumberdaya manusia dan kemampuan elektrikal lainnya. Untuk itu, AKLI juga berupaya melakukan pelatihan dan pameran kelistrikan yang memperlihatkan kemampuan para pelaku usaha kelistrikan nasional.

Untuk itu, sejumlah peningkatan mutu dan sumber daya manusia juga telah ditingkatkan untuk membentuk format feasible dan credible dari industri kontraktor listrik Indonesia. Selain itu, usaha dalam mengurangi unsur karbon serta membentuk jaringan ramah lingkungan pun juga telah disepakati.

Kesepakatan sekaligus komitmen itu, paparnya, telah dituangkan dalam agenda konferensi Asean Federation of Electrical Engineering Contractor (AFEEC) di Ramada Bintang, Bali.

Dalam pertemuan yang dihadiri 290 delegasi dari Asean itu, jelasnya, juga mengangkat isu komitmen para kontraktor listrik Asean dalam menerapkan energi terbarukan.

Saat ini lebih dari 7.300 perusahaan dan 160 perusahaan diantaranya berasal dari Bali tergabung sebagai anggota AKLI. “Kinerja perusahaan anggota AKLI menunjukkan pertumbuhan positif. Tahun ini, kami optimis kinerja akan meningkat.”


Editor : Bambang Supriyanto

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!.

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.