Selasa, 23 Desember 2014

SINERGI BUMN: Krakatau Steel-Semen Indonesia Bangun Pabrik Slag Powder

Bambang Supriyanto Senin, 10/06/2013 20:30 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA -- PT Krakatau Steel menggandeng PT Semen Indonesia membangun pabrik semen khusus dari bahan baku pembuatan semen dari limbah besi dan baja (slag powder) dengan investasi Rp310 miliar. 

Pembangunan pabrik di atas lahan seluas 5 hektare milik Krakatau Steel di Cilegon, Banten.

Irvan K. Hakim, Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk, menjelaskan kerja sama investasi pembangunan pabrik slag powder merupakan bagian dari rencana perseroan untuk mendorong kontribusi pendapatan dari usaha nonbaja terhadap total pendapatan.  Dalam 5 tahun ke depan kontribusi diproyeksikan mencapai 30% dari saat ini hanya 10%.

Sektor usaha nonbaja yang diandalkan meliputi empat bidang, yaitu infrastruktur, pengelolaan limbah, properti dan industrial estate, serta energi dan pembangkit listrik.

"Pembangunan mulai dilakukan Juli 2013, dan ditargetkan beroperasi pada akhir 2014.Kapasitas produksi semen khusus yang dihasilkan bisa mencapai sekitar 750.000 ton per tahun," ujar Irvan K. Hakim, Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk, dalam keterangan pers, Senin (10/9).

Pembentukan usaha patungan (joint venture) itu ditandatangani bersama dengan Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Sutjipto di atas KMP Portlink di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

Dia menjelaskan selain Krakatau Steel dan Semen Indonesia, pembangunan pabrik melibatkan PT Banten Global Development (BGD) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Banten.

Komposisi pendanaan pabrik sebesar 45:45:10, yakni Krakatau Steel, Semen Indonesia, dan BGD.

Irvan menjelaskan Krakatau Steel menyiapkan dana sekitar Rp139,5 miliar sesuai dengan porsi sahamnya. Dana itu sudah tersedia yang berasal dari alokasi belanja modal (capex) 2013 yang mencapai sekitar Rp8 triliun. (Foto:crusherindustry.com)


Apps Bisnis.com available on:    
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
more...