Minggu, 21 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

MOBIL LISTRIK: Agustus, Pabrikan Swedia Siap Berproduksi di Banyuwangi

Adam A. Chevny   -   Rabu, 12 Juni 2013, 17:16 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, SURABAYA – Clean Motion, produsen berteknologi ramah lingkungan berbasis di Swedia, menggandeng mitra lokal PT Lundin Industry Invest untuk memroduksi mobil bertenaga listrik merek ZBee di Banyuwangi, Jawa Timur, mulai Agustus 2013.

Hal tersebut sampaikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam siaran persnya yang diterima Bisnis, hari ini Rabu, (12/6/2013). Anas mengatakan dirinya sudah bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Clean Motion Goran Folkesson dan Duta Besar Swedia untuk Indonesia Ewa Polana di Jakarta pada Selasa malam (11/6 2013).

“Ada kepastian Clean Motion akan memproduksi mobil listrik merek ZBee mulai Agustus mendatang di Banyuwangi. Menurut Anas, mobil listrik tersebut antara lain diproyeksikan untuk pengganti angkutan umum dalam kota, yakni bajaj di Jakarta.

Menurut dia, Clean Motion telah memiliki data tentang potensi pasar kendaraan jenis itu di Indonesia, yang ditaksir mencapai 100.000 unit per tahun, di antaranya untuk memenuhi kebutuhan peremajaan bajaj yang tengah digalakkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Mobil listrik merek ZBee disebutkan berdimensi panjang 2.400 mm, lebar 1.250 mm, dan tinggi 1.500 mm. Bobotnya 230 kg dengan dilengkapi sabuk pengaman di tiga titik.

Kendaraan bebas polusi udara tersebut menyimpan dayanya di baterai Li-Ion yang dapat diisi penuh kurang dari satu jam.

Untuk menempuh jarak 100 km, kendaraan listrik buatan Swedia itu membutuhkan daya listrik 4 kilo watt hour (kWh). Kecepatannya mencapai 45 km per jam.

Anas menjelaskan Clean Motion akan menggandeng pelaku industri manufaktur PT Lundin Industry Invest sebagai mitra lokal. Namun, dia tidak menyebutkan tentang nilai investasi yang akan ditanamkan Clean Motion di Banyuwangi serta kapasitas produksi produksi pabrik mobil listrik per tahunnya.

“Kami berharap setelah mobil listrik ZBee diproduksi di wilayah kami, maka jaringan bisnis Swedia bisa melirik Banyuwangi sebagai tujuan investasi,” tutur Azwar Anas.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi disebutkan menyiapkan areal seluas 2.000 hektare untuk kawasan industri terpadu, yang dirancang menjadi pusat industri baru di kawasan timur Pulau Jawa.

Kawasan industri tersebut ditunjang keberadaan Pelabuhan Tanjungwangi yang cukup representatif. Di Banyuwangi juga ada Bandara Blimbingsari, yang sejak bulan lalu memiliki jadwal penerbangan rutin setiap hari. Landasan bandara tersebut bisa didarati jet pribadi. (mfm)


Editor : Fatkhul Maskur

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Berlangganan ePaper Bisnis dan Indonesia Business Daily bisa dengan PayPal. Klik disini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik disini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.