Jum'at, 19 Desember 2014

Jambora Sanitasi: Masyarakat Diajak Lindungi Sumber Air Minum

Oktaviano DB Hana Senin, 24/06/2013 16:45 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Masyarakat diminta berperan aktif mengembangkan sanitasi yang layak dan memelihara sumber air minum guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Pemerintah terus mengajak peran aktif masyarakat secara bahu-membahu untuk terus menggemakan dan melanjutkan pembangunan sanitasi yang layak  demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto ketika membuka pergelaran Jambore Sanitasi 2013 di Jakarta, Senin (24/6/2013).

Djoko mengatakan pengembangan sanitasi yang layak harus berjalan bersama dengan pemeliharaan sumber air minum bersih guna menghadirkan pemukiman yang layak huni dan berkelanjutan.

“Kerja sama mengembangkan sanitasi dan air minum merupakan upaya penting bagi perlindungan air baku untuk ketersediaan air minum yang memenuhi persyaratan guna mewujudkan pemukiman yang layak huni dan sustainable,” terangnya.

Sebagai informasi, Jambore Sanitasi merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Cipta Karya Kementerian PU sejak 2008 yang bertujuan mendorong anak sebagai agen perubahan untuk meningkatkan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat terhadap pentingnya sanitasi yang baik.

Untuk tahun ini, kegiatan yang dilaksanakan 23 – 30 Juni tersebut bertema “Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum” dan  melibatkan hampir 198 siswa SMP dari 33 provinsi seluruh Indonesia yang merupakan pemenang Lomba Poster dan Lomba Karya Tulis-Penyuluhan bidang sanitasi tingkat provinsi.

Djoko mengungkapkan kegiatan tersebut dapat mempublikasikan program-program pemerintah dan mensosialisasikan metode maupun teknologi sederhana di bidang sanitasi yang mudah diterapkan di lingkungan masyarakat.

”Mari bersama-sama kita mendukung terbentuknya opini dan pemahaman masyarakat yang lebih baik, khususnya yang mengarah pada perubahan perilaku sanitasi sejak dini,” pesannya.

Apps Bisnis.com available on:    
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
more...