Sabtu, 20 Desember 2014

Mudik Lebaran, Ini Jadwal Angkutan Kapal Gratis Jawa Timur

Fatkhul Maskur Selasa, 16/07/2013 19:29 WIB

Bisnis.com, SUMENEP - Pemberangkatan kapal mudik-balik gratis yang merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada masa angkutan Lebaran 2013 itu akan dimulai pada 2 Agustus.

"Itu sesuai hasil rapat koordinasi di Dinas Perhubungan (Dishub) dan LLAJ Provinsi Jawa Timur. Jadwal pemberangkatan kapal mudik-balik gratis itu pada 2-13 Agustus 2013," ujar Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dishub Sumenep M Choyroni Argoto di Sumenep, Selasa (16/7/2013).

Pimpinan Dishub Sumenep, kata dia, termasuk pihak yang diundang dalam rapat koordinasi itu, karena jalur pelayanan kapal mudik-balik gratis tersebut ke sejumlah kepulauan di Sumenep.

"Ada tiga kapal yang disediakan Pemprov Jatim untuk program kapal mudik-balik gratis dan nantinya melayani jalur Surabaya-Masalembu, Kalianget-Kangean, dan Banyuwangi-Sapeken," ucapnya.

Dia mengatakan warga yang ingin menjadi peserta program kapal mudik-balik gratis itu sudah bisa mendaftarkan diri ke kantor syabandar setempat.

"Untuk di Sumenep, pendaftaran bisa langsung ke Kantor Syahbandar Kalianget. Peserta program kapal mudik-balik gratis ini diutamakan kepada warga kurang mampu," paparnya.

Dia juga mengemukakan daya angkut tiga kapal yang akan melayani program kapal mudik-balik gratis tersebut, masing-masing 150 penumpang.

"Kami berharap warga yang ingin memanfaatkan program kapal mudik-balik gratis ini bersikap bijaksana dan tidak memaksakan diri. Kalau jumlah penumpang kapalnya sudah memenuhi daya angkut maksimal, sebaiknya ikut kapal pada jadwal pemberangkatan berikutnya," katanya.

Jadwal pemberangkatan kapal mudik-balik gratis yang melayani jalur Surabaya-Masalembu adalah 2 Agustus, 6 Agustus, 9 Agustus, dan 11 Agustus. Adapun jalur Masalembu-Surabaya pada 3 Agustus, 7 Agustus, 10 Agustus, dan 12 Agustus.

Kapal mudik-balik gratis yang melayani jalur Banyuwangi-Sapeken adalah 3 Agustus, 5 Agustus, 7 Agustus, 10 Agustus, dan 12 Agustus. Sedangkan jalur Sapeken-Banyuwangi dilayani pada 4 Agustus, 6 Agustus, 9 Agustus, 11 Agustus, dan 13 Agustus.

Sementara jadwal pemberangkatan kapal mudik-balik gratis yang melayani jalur Kalianget-Kangean adalah 3 Agustus, 5 Agustus, 7 Agustus, 10 Agustus, dan 12 Agustus, dan Kangean-Kalianget pada 4 Agustus, 6 Agustus, 9 Agustus, 11 Agustus, dan 13 Agustus.

Apps Bisnis.com available on:    
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
more...