Jum'at, 25 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

Info Mudik, Arus Balik Angkutan Motor Gratis 12-13 Agustus di Tanjung Emas

Bambang Supriyanto   -   Selasa, 06 Agustus 2013, 09:14 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JAKARTA -Program mudik gratis Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor dengan menggunakan moda laut telah mengangkut 3.196 unit sepeda motor dengan 5.792 orang penumpang hingga Senin (5/8).

Gelombang kedua pemberangkatan mudik gratis menggunakan KM Dobonsolo dilepas oleh Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Adolf Tambunan, Senin (5/8/2013 pukul 16.00 WIB di Pelabuhan Tanjung Priok. Gelombang kedua ini mengangkut  1.636 orang pemudik dan 802 unit sepeda motor.

Sebelumnya pada Sabtu (3/8) KM Dobonsolo juga diberangkatkan dengan tujuan Semarang dan mengangkut 1.515 unit sepeda motor dan 2.213 orang pemudik.

"Selain menggunakan KM Dobonsolo, program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan dengan menggunakan angkutan laut juga melibatkan TNI Angkatan Laut. KRI Banda  Aceh dilibatkan untuk membawa pemudik peseda motor ke kampung halamannya masing-masing," ujar Bambang S. Ervan, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan dalam keterangan pers, Selasa (6/8).

Pada 4 Agustus 2013 KRI Banda Aceh yang mengangkut 879 unit sepeda motor dan 1943 orang pemudik dengan tujuan Semarang telah diberangkatkan.

Pemberangkatan terakhir angkutan gratis pemudik sepeda motor menggunakan kapal laut untuk arus mudik akan dilaksanakan pada Selasa (6/8) pukul 10.00 menggunakan KRI Banda Aceh dengan tujuan Semarang.

"Untuk pemberangkatan terakhir ini pemudik yang telah mendaftar sebanyak 444 unit sepeda motor dengan 962 penumpang."

Untuk arus balik direncanakan pengangkutan akan dilakukan melalui pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 12 dan 13 Agustus 2013. Bagi yang berminat memanfaatkan pengangkutan motor pada arus balik ini dapat mendaftar di Pos Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, karena untuk arus balik ini terbuka kesempatan pula bagi mereka yang semula bukan peserta yang terlibat pada arus mudik.

"Program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan ini merupakan komitmen pemerintah dalam mengurangi tingkat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor," ungkap Bambang.


Editor : Bambang Supriyanto

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.