EKa Hospital Operasikan Pusat Stroke

Bisnis.com, TANGERANG SELATAN - Penanganan penyakit stroke memerlukan sumber daya manusia, infrastruktur rumah sakit, dan sistem yang baik.
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 02 Oktober 2013  |  13:36 WIB

Bisnis.com, TANGERANG SELATAN - Penanganan penyakit stroke memerlukan sumber daya manusia, infrastruktur rumah sakit, dan sistem yang baik.

Untuk memberikan pelayanan terpadu kepada pasien stroke,  Eka Hospital yang terletak di kasawasan BSD Tangerang Selatan, meresmikan Eka Hospital Stroke Center. 

Pusat stroke ini, kata Dokter Hermantor Nurya, Direktur Eka Hospital BSD, merupakan sebuah layanan yang menerapkan sistem penanganan stroke terpadu, dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang diagnosis seperti MSCT (multi slice computed tomography), MRI (magnetic resonance imaging), sampai dengan cathlab (ruang angiography).

Selain itu juga didukung dengan oleh fasilitas untuk tindakan operasi bedah saraf, ruang perawatan khusus untuk penangangan stroke akut/stroke unit, serta rehabilitasi medis (neuro rehabilitation).

"Pada dasarnya sejak awal beroperasi rumah sakit ini telah menerima dan memberikan pelayanan terpadu kepada pasien stroke. Tapi kami terus mengembangkan, menyempurnakannya, dan kini menghadirkan layanan dan manajemen stroke melalui Eka Hospital Stroke Center," kata Hermanto saat peresmian fasilitas itu hari ini,  Rabu (2/10/2013).

Menurut dia, penanganan stroke memerlukan SDM dan infrastruktur RS dan sistem yang baik. SDM terdiri dari tim instalasi gawat darurat (IGD), tim dokter spesialis penyakit dalam, radiologi, rehabilitasi medik, spesialis gizi, dan lainnya.

"Kompetensi para SDM yang bertugas di bidangnya terjaga dengan baik, dengan adanya berbagai pelatihan stroke yang dilakukan secara rutin dan berkala," tambah Dokter Setyo Widi, Spesialis Bedah Saraf Eka Hospital BSD.

Tag : stroke, eka hospital
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top