Semen Baturaja Terapkan e-Procurement Barang dan Jasa

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen semen pelat merah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk menerapkan sistem pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik/Internet (e-Procurement).
Herdiyan | 02 Oktober 2013 18:43 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen semen pelat merah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk menerapkan sistem pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik/Internet (e-Procurement).

Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji Rahardjo menuturkan langkah itu bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan kinerja pengadaan barang dan jasa secara umum, khususnya departemen logistik.

"Aplikasi e-Procurement dirancang sebagai alat bantu Semen Baturaja dalam mengelola pengadaan barang dan jasa secara elektronik, sesuai dengan standard operational procedure (SOP) pengadaan yang berlaku," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (2/10/2013).

Dia menjelaskan berbagai sosialisasi dan pelatihan telah dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi pelaksana proses pengadaan barang dan jasa.

Konsultan e-Procurement dilibatkan untuk membantu penyempurnaan tata kelola organisasi pengadaan barang dan jasa yang menggunakan teknologi dunia maya ini.

Persiapan implementasi e-Procurement membutuhkan waktu yang lama dan harus dilakukan secara bertahap.

Pada 1 Mei 2013, Semen Baturaja telah berhasil mengimplementasi aplikasi e-Procurement untuk registrasi rekanan secara online.

“Implementasi e-Procurement diapresiasi positif oleh rekanan Semen Baturaja, terdapat sebanyak 212 rekanan yang mendaftar di eProcurement,” tuturnya.

Dia menambahkan saat ini proses pengadaan barang dan jasa perusahaan yang berbasis di Palembang, Sumatra Selatan itu sudah mulai menggunakan aplikasi e-Procurement.

Proses yang sudah menggunakan metode e-Procurement mulai dari permintaan pengadaan, surat pemintaan penawaran harga (SPPH), lelang, e-Auction, negosiasi, hingga kontrak.

Untuk mencapai kesuksesan penerapan aplikasi e-Procurement , Departemen Logistik Semen Baturaja mendirikan pusat bantuan (help desk) di ruang e-Procurement Kantor Pusat Semen Baturaja untuk memastikan proses e-Procurement berjalan lancar, dengan bantuan konsultan e-Procurement.

“Dengan implementasi e-Procurement ini, diharapkan membantu Semen Baturaja untuk menjadi produsen semen yang efisien, mempunyai daya daing dan tumbuh, sesuai dengan visi perusahan,” ujarnya.

Tag : semen baturaja, e-procurement
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top