Amazon Kembangkan Drone Pengirim Paket

Amazon.com, perusahaan e-commerce terbesar dunia, menguji coba pesawat tanpa awak (drone) untuk mengefisienkan dan mempercepat pengiriman barang ke tangan konsumen.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 02 Desember 2013  |  14:33 WIB
CEO Amazon Jeff Bezos (kiri) menjelaskan prototipe drone pengirim paket kepada Charlie Rose dari CBS. - CBS

Bisnis.com, JAKARTA—Pesawat tanpa awak alias drone ternyata tidak selalu digunakan dalam perang. Pesawat jenis ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, termasuk mengirim barang atau paket ke tempat tujuan.

Keunggulan drone ini sedang dikaji oleh Amazon.com Inc. Perushaan e-commerce terbesar dunia asal Amerika Serikat ini sedang menguji coba drone yang disebut octocopter untuk mengefisienkan dan mempercepat pengiriman barang ke tangan konsumen.

CEO Amazon.com Jeff Bezos mengungkapkan rencana itu dalam satu acara program berita “CBS’s 60 Minutes” bersama pewawancara Charlie Rose. Pada kesempatan itu, mesin terbang yang mirip dengan kepala gurita itu ditampilkan.

Bezos mengatakan octocopter tersebut mampu mengangkut barang dengan berat 5 pound atau sekitar 2,25 kg dalam radius 10 mil (16 km) dari pusat pengiriman Amazon.

Perusahaan itu akan mulai menggunakan kendaraan udara yang mampu mengirim paket barang dalam waktu 30 menit  tersebut setelah mendapat izin dari Lembaga Penerbangan Federal AS, ujar Bezos.

“Proyek itu akan berhasil dan terealisasi, selain akan menghibur,” ujarnya pada acara tersebut sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (2/12/2013). (Hery Lazuardi)

 

Sumber : Bloomberg

Tag : Drone, amazon.com
Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top