Expo Koperasi & UMKM 2013 Digelar di Surabaya

Expo Koperasi & UMKM 2013 digelar di Grand City Surabaya pada 4 8 Desember 2013. Target transaksi diperkirakan Rp15 miliar.
Adam A. Chevny
Adam A. Chevny - Bisnis.com 02 Desember 2013  |  15:47 WIB

Bisnis.com, SURABAYA – Expo Koperasi & UMKM 2013 digelar di Grand City Surabaya pada 4 – 8 Desember 2013.  Target transaksi diperkirakan Rp15 miliar.

Expo ini digelar oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop dan UMKM) Jawa Timur bekerja sama dengan perusahaan penyelenggara pameran PT Debindo Mitra Tama.

Kepala Diskop dan UMKM Jatim R.B. Fattah Yasin mengatakan sektor perkoperasian maupun UMKM di provinsi tersebut sejak beberapa tahun terakhir terus bertambah jumlahnya, yang kini mencapai 29.263 unit koperasi dan 6,4 juta pelaku UMKM.

Perkembangan tersebut, lanjutnya, perlu difasilitasi dengan pembentukan jaringan usaha antara lain melalui pameran.

“Untuk pertama kalinya, tahun ini kami menyiapkan Expo Koperasi & UMKM 2013 di Surabaya dengan mengusung produk unggulan UMKM serta koperasi. Sasarannya, selain transaksi juga membangun jejaring usaha,” ujarnya, Senin (2/12 2013).

Fattah menambahkan dengan difasilitasi pameran, maka diharapkan pelaku UMKM maupun koperasi sekaligus bisa lebih percaya diri terutama menghadapi pemberlakuan pasar bebas ASEAN pada 2015.

Sebelumnya, Diskop dan UMKM Jatim telah memfasilitasi penyelenggaraan pameran bagi pelaku UMKM maupun koperasi. Namun, tahun ini, kedua pelaku usaha itu secara bersama disediakan ajang pameran dengan kapasitas lebih besar.

Presiden Direktur PT Debindo Mitra Tama Dadan Kushendarman menyebutkan ajang Expo Koperasi & UMKM 2013 menyediakan 190 unit stan yang kini telah terisi seluruhnya.

“Sebagian peserta ekspo membayar sendiri stan pameran, sebagian lain difasilitasi pemerintah kabupaten/kota maupun pemerintah provinsi. Selain peserta dari Jatim juga terdapat koperasi dan UMKM dari 9 provinsi lainnya yang mendaftar,” tuturnya.

Dadan menargetkan tercapainya transaksi senilai Rp15 miliar dalam even Expo Koperasi dan UMKM 2013 yang dilaksanakan pada 4 – 8 Desember.

Tag : umkm, bank & umkm expo
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top