Rabu, 01 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Jalur Kereta Api Ganda Duri-Tangerang Rampung Akhir Bulan Ini

Kahfi   -   Minggu, 13 April 2014, 20:31 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memastikan pengoperasian jalur ganda Duri-Tangerang bisa terlaksana pada akhir April ini.

Kepala Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Muhartono mengatakan hingga saat ini pembangunan jalur ganda sepanjang 19,2 km itu hampir rampung,  sehingga dia memastikan pengoperasian akan berhasil pada akhir bulan ini.

“Itu merupakan proyek tahun jamak, dari penyelesaian jalur ganda dan elektrifikasi sistem,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (13/4/2014).

Proyek pengerjaan jalur ganda ini terhitung dimulai sejak 2010. Saat itu jalur eksisting dari Duri hingga Tangerang masih merupakan jalur tunggal.

Total anggaran pembangunan tersebut berasal dari APBN sebesar Rp640 miliar. Adapun lingkup pekerjaan jalur ganda KA lintas Duri-Tanggerang meliputi Pekerjaan tubuh baan, pemasangan rel ganda, pembangunan jembatan KA, peningkatan persinyalan dan telekomunikasi, pembangunan listrik aliran atas (LAA).

Menurut Muhartono, saat ini progres pembangunan itu tinggal menunggu tahap ujicoba. Sedangkan proses elektrifikasi, dia menjamin telah selesai seluruhnya.

Penyelesaian proyek itupun diprediksi akan memicu peningkatan mobilitas KA. “Akan meningkatkan kapasitas lintas KRL dari 52 KA/hari menjadi 104 KA/hari, mempercepat waktu tempuh serta dalam rangka mendukung KA Bandara Soekarno-Hatta (Commuter line).”


Editor : Nurbaiti

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.