Pasar Luminer dan Kelistrikan Lokal Mulai Perhatikan Kualitas Produk

Asosiasi Industri Luminer dan Kelistrikan Indonesia (AILKI) mengatakan konsumen memegang peranan penting dalam pertumbuhan industri luminer dan kelistrikan nasional.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 02 Juni 2014  |  19:10 WIB
Pabrik Lampu Neon - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Industri Luminer dan Kelistrikan Indonesia (AILKI) mengatakan konsumen memegang peranan penting dalam pertumbuhan industri luminer dan kelistrikan nasional.

Ardi Moeharyoso, Ketua AILKI, mengatakan konsumen Indonesia saat ini sudah tidak lagi mementingkan faktor harga semata. Konsumen yang mencari kualitas akan siap membeli produk yang lebih mahal.

“Sekarang mulai berubah, dan tidak hanya melulu melihat harga murah. Konsumen sudah pintar untuk memilih produk yang berkualitas,” ucap Ardi kepada Bisnis.com, Senin (2/6/2014).

Dirinya mengatakan konsumen memegang peranan penting menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. Banyaknya produk impor yang masuk tidak akan berpengaruh jika konsumen tidak melirik.

 “Merek yang sudah lama berdiri di sini, pasti dipilih konsumen, mereka sudah percaya. Tapi merek yang baru jelas masih kalah dengan produk asing,” tambahnya.

Hingga 2014, pemakian produk dalam negeri masih berada pada 30%, sedangkan produk impor masih menguasai sebesar 70%. Meski demikian, AILKI optimistis pasar domestik yang begitu luas akan membawa pertumbuhan bagi industri luminer dan kelistrikan dalam negeri.

Diperkirakan tahun ini pertumbuhan berkisar 10% - 15% dibandingkan dengan tahun 2013. Pertumbuhan yang tinggi ini didukung oleh melejitnya permintaan produk lampu yang meningkat hingga 20% sedangkan produk luminer mencapai 12%.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top