ARUS BALIK LEBARAN: Ajibarang Hingga Banyumas Macet

Arus balik pada H+4 Lebaran di jalan penghubung jalur selatan Jawa Tengah dengan jalur pantai utara (pantura) Jateng mengalami kemacetan panjang di ruas Ajibarang, Kabupaten Banyumas, hingga Bumiayu, Kabupaten Brebes.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 02 Agustus 2014  |  17:48 WIB
Ilustrasi arus balik Lebaran - JIBI

Bisnis.com, BANYUMAS - Arus balik pada H+4 Lebaran di jalan penghubung jalur selatan Jawa Tengah dengan jalur pantai utara (pantura) Jateng mengalami kemacetan panjang di ruas Ajibarang, Kabupaten Banyumas, hingga Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Dari pantauan di pertigaan SPBU Ajibarang, Sabtu sore, kemacetan di ruas jalan menuju Jakarta tersebut terjadi akibat adanya pertemuan arus kendaraan yang datang dari arah Yogyakarta/Wangon dan arus kendaraan yang datang dari arah Purwokerto.

Selain itu, di ruas jalan sepanjang 20 kilometer tersebut terjadi penyempitan badan jalan mulai dari Pekuncen, Kabupaten Banyumas, hingga Bumiayu, serta adanya perlintasan kereta api di Paguyangan dan pertemuan dengan arus kendaraan dari objek wisata Waduk Penjalin maupun Kaligua.

Salah seorang warga Ajibarang yang baru bepergian dari Bumiayu dengan bersepeda motor, Anto (30) mengatakan bahwa kendaraan yang datang dari arah selatan macet sepanjang 20 kilometer.

"Kendaraan-kendaraan tersebut menumpuk sepanjang ruas jalan Ajibarang-Bumiayu, nyaris tidak bisa bergerak. Kalaupun bisa jalan, paling cuma maju beberapa meter, kemudian berhenti lagi," katanya.

Sementara itu, personel Kepolisian Resor Banyumas yang bertugas di Ajibarang berupaya melakukan rekayasa lalu lintas dengan membelokkan kendaraan-kendaraan tujuan Jakarta yang datang dari arah Purwokerto untuk melewati jalur selatan Jateng melalui Wangon.

Akan tetapi bagi kendaraan yang enggan melewati jalur selatan Jateng, dipersilakan berhenti di pertigaan Ajibarang hingga kemacetan dapat terurai.

Kepala Pos Pengamanan Ajibarang Ajun Komisaris Polisi Kusnadi memperkirakan puncak arus balik yang melintas di ruas jalan Ajibarang-Bumiayu berlangsung pada H+4 Lebaran hingga H+5 Lebaran.

"Kami telah perkirakan puncak arus balik berlangsung pada Sabtu dan Minggu (3/8). Ternyata benar, hari ini terjadi penumpukan kendaraan di Ajibarang karena adanya peningkatan volume kendaraan," katanya.

Sementara itu, arus balik dari arah Yogyakarta tujuan Bandung dan Jakarta di ruas Wangon-Majenang terpantau ramai lancar, sehingga pemudik diimbau untuk memanfaatkan jalur selatan Jateng tersebut guna menghindari kemacetan di ruas Ajibarang-Bumiayu hingga jalur pantura.

Sumber : Antara

Tag : Arus Balik
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top