HOLDING BUMN:PTPN III Siap Jadi Jaminan Modal Anak Usaha

Setelah pembentukan holding BUMN Perkebunan dan Kehutanan diresmikan, PT Perkebunan Nusantara III menyatakan siap menjadi jaminan bagi seluruh anak perusahaannya (PTPN I- XIV, kecuali PTPN III) untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 02 Oktober 2014  |  17:12 WIB

Bisnis.com, SURABAYA – Setelah pembentukan holding BUMN Perkebunan dan Kehutanan diresmikan, PT Perkebunan Nusantara III menyatakan siap menjadi jaminan bagi seluruh anak perusahaannya (PTPN I- XIV, kecuali PTPN III) untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank.

Direktur Utama PTPN III Bagas Angkasa mengatakan melalui pembentukan holding BUMN tersebut diharapkan anak perusahaan nantinya mudah memperoleh bantuan pinjaman bank untuk pengembangan usaha dengan jaminan dari induk perusahaan.

Selama ini, lanjutnya, beberapa PTPN sulit memperoleh pinjaman bank lantaran kondisi keuangannya yang tidak memungkinkan.

"Beberapa PTPN memang sulit pengembanganya, bahkan ada yang sudah tidak bisa pinjam di bank, kami akan coba restrukturisasi, akan coba dengan jaminan kami, mudah-mudahan bisa," katanya.

Adapun nilai aset dari seluruh PTPN I-XIV kecuali PTPN III yakni Rp69 triliun atau 90% saham yang dimiliki negara tersebut diserahkan ke holding BUMN perkebunan atau PTPN III.

"Nilai itu merupakan nilai buku, belum nilai evaluasi. Setelah ini PTPN III saya serahkan sementara kepada pelaksana tugas, sedangkan saya akan mengurus holding mungkin sekitar 3 bulan, mudah-mudahan bisa langsung running," imbuh Bagas.

Direktur Utama PTPN XI Andi Punoko mengatakan pihaknya sebagai anak perusahaan telah siap menjalankan tugas, strategi pengembangan dan program CSR.

"Dengan holding seperti ini kami berharap akan lebih banyak sinergi termasuk pendanaan operasional. Ini ibaratnya sejarah baru," ujarnya.

Sebelum BUMN melakukan holding, katanya, PTPN XI juga telah menjalankan program CSR seperti pemberdayaan petani di sekitar perkebunan melalui bantuan dana. Rencananya, PTPN XI akan membuat peternakaan sapi di Lumajang dan Jember Jawa Timur yang melibatkan masyarakat sekitar untuk mengolahnya.

Tag : bumn
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top