Ini Dia 10 Pemenang Aplikasi Baidu

Baidu Indonesia mengumumkan 10 pemenang lomba bertajuk Finding Top 50 Local Apps yang digelar sejak 10 September lalu. Kompetisi tersebut menjaring aplikasi dari pengembang lokal melalui Mobo Market, toko aplikasi Android milik Baidu Indonesia.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 02 Desember 2014  |  12:21 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Baidu Indonesia mengumumkan 10 pemenang lomba bertajuk Finding Top 50 Local Apps yang digelar sejak 10 September lalu. Kompetisi tersebut menjaring aplikasi dari pengembang lokal melalui Mobo Market, toko aplikasi Android milik Baidu Indonesia.

Tercatat 300 karya yang mendaftar dalam kompetisi tersebut. Dari jumlah itu, kemudian dipilih 50 pemenang yang disaring untuk mendapatkan 10 aplikasi terbaik. Para pemenang berhak mendapatkan promosi di Mobo Market serta hadiah tambahan berupa laptop.

Lin Yi, Kepala Bisnis Mobile Baidu Indonesia, mengaku terkesan dengan aplikasi-aplikasi yang dibuat para pengembang lokal. Menurut pria asal China ini, Indonesia memiliki banyak anak muda kreatif di bidang digital.

“Kami akan berencana untuk mengadakan kegiatan serupa agar dapat menjangkau dan merangkul lebih banyak lagi developer aplikasi asal Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Selasa (2/12/2014).

Mobo Market (mobomarket.co.id) diluncurkan pada Februari 2014, dan hingga hari ini memiliki 500.000 aplikasi dan game. Semua aplikasi tersebut diklaim aman karena telah dipindai menggunakan solusi keamanan komputer berstandar internasional.

Salah satu pemenang dalam kompetisi tersebut adalah game yang berjudul unik, “Sakitnya dimana: Disini”, yang dibuat para pengembang Amagine Interactive. Ini merupakan game tebak-tebakan untuk menunjuk bagian tubuh yang terasa sakit sesuai dengan pertanyaan yang disebutkan.

Berikut daftar sembilan pemenang lainnya:

1.       Kakatu

Pengembang: Kakatu

Deskripsi: Aplikasi launcher bagi orang tua untuk mengontrol anak dalam mengakses konten ponsel agar tidak mengakses konten negatif seperti pornografi, kekerasan, dan horor. Kakatu juga dapat membatasi aplikasi mana saja yang boleh diakses oleh anak.

2.       Siaga Banjir

Pengembang: Pandago Studio

Deskripsi: Aplikasi untuk memantau ketinggian 12 pintu air di Kota Jakarta. Saat musim hujan tiba, ketinggian pada masing-masing pintu air akan mengalami perubahan yang tak menentu serta berpotensi menyebabkan banjir.

3.       Kuis Tegar: Tebakan Garing

Pengembang: Agate Jogja

Deskripsi: Kuis yang berisi tebakan-tebakan garing yang bisa membuat para pengguna ponsel Android tertawa.

4.       Roly Poly Penguin

Pengembang: Arsanesia

Deskripsi: Game yang mengajak pengguna bermain bersama si pengiun Pippo untuk menangkap ikan, bertualang ke seluruh dunia, dan mendandani penguin lucu.

5.       Kitaria Heroes: Force Bender

Pengembang: Hynocyber

Deskripsi: Game aksi RPG (Role Playing Game) bercerita tentang petualangan seorang penyihir pedang bernama Elena, yang kehilangan keluarganya karena perbuatan seorang penyihir gelap misterius.  Sang penyihir berlatih keras untuk membalas dendam dan  berjuang demi perdamaian.

6.       Tales of Marble

Pengembang: The Wali Games Studio

Deskripsi: Game yang dikembangkan berdasarkan permainan kelereng dan berkisah tentang Jake yang berusaha menyelamatkan teman-temannya yang terjebak dalam lubang.

7.       Backpacker Toolkit

Pengembang: ElvBit Studio

Deskripsi: Aplikasi bagi para backpacker yang membutuhkan bantuan dalam perjalanan. Aplikasi ini menampilkan berbagai fitur yang dapat membantu para backpacker.

8.       Jumping Panda: Run and Survive

Pengembang: Monzee Digital

Deskripsi: Game arcade yang bercerita tentang seekor panda yang menjalankan misi untuk menyelamatkan hutan dan teman-temannya.

9.       Easytune

Pengembang: Caesarlab

Deskripsi: Aplikasi yang bisa membantu pengguna untuk menemukan lagu-lagu favorit dan menyusunnya dalam playlist yang dapat dibagikan kepada keluarga atau teman-teman untuk ikut mendengarkan lagu favorit si pengguna.

Tag : internet, aplikasi, baidu
Editor : Dewi Andriani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top