Menteri Blusukan: Menkop UKM Kunjungi Koperasi di Jateng

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengunjungi enam koperasi di Jawa Tengah.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 14 Desember 2014  |  19:50 WIB
Menkop UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Program blusukan alias turun ke bawah menjadi salah satu aktivitas menteri pada kabinet kerja pimpinan presiden dan wakil presiden Jokowi-JK.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengunjungi enam koperasi di Jawa Tengah.

"Tujuan saya blusukan untuk memantau sekaligus berdialog dengan pengurus koperasi. Saya ingin tahu permasalahan yang mereka hadapi terkait pengembangan koperasi," kata Puspayoga dalam rilis yang diterima Bisnis, Minggu (14/12).

Koperasi yang dikunjungi Puspayoga antara lain Koperasi Simpan Pinjam Nasari, Koperasi Paguyuban Tenun Troso, Koperasi Pemuda Tunas Patria, dan Koperasi Sinar Logam.

Selain berdialog soal pengelolaan koperasi, Puspayoga juga melihat perkembangan prospek bisnis UKM di daerah tersebut. Menurutnya, UKM tak hanya fokus pada produksi tetapi promosi barang.

"Lokasi sentra ukiran-tenun dan pusat promosi produk unggulan letaknya terlalu dekat. Bukan tak mungkin calon pembeli lebih memilih datang ke sentra ketimbang koperasi yang menjual produk UKM," katanya.

Untuk menumbuhkan minat berkoperasi masyarakat, Kemenkop UKM membebaskan biaya pembuatan akta koperasi bagi pelaku UMKM.

Program tersebut merupakan kerja sama antara Kemenkop UMKM dan Ikatan Notaris Indonesia. 

Tag : blusukan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top