PROYEK BENDUNGAN: Kalimantan Selatan Dapat Bantuan Dana Pembebasan Lahan Dari Pemerintah

-Pemerintah Kalimantan Selatan tahun ini mendapatkan bantuan dana APBNP sebesar Rp75 miliar untuk pemebebasan lahan pembangunan bendungan.nnMartinus
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 07 Januari 2015  |  06:36 WIB

Bisnis.com, KALIMANTAN--Pemerintah Kalimantan Selatan tahun ini mendapatkan bantuan dana APBNP sebesar Rp75 miliar untuk pemebebasan lahan pembangunan bendungan.

Martinus, Kadis PU Kalimantan Selatan mengatakan bahwa selama ini kendala pembangunan di Kalimantan Selatan adalah soal pembebasan lahan. Namun, dengan tambahan dana yang diperoleh dari pemerintah pusat, masalah tersebut akan segera teratasi.

“Dulu kan lahan itu anggarannya dari APBD tingkat II, sekarang sudah disiapkan dana dari APBN. Diharapkan dari dana APBN ini pembebasannya lebih cepat, sehingga pelaksanaan fisiknya cepat juga, 2016 selesai,” katanya di Jakarta Selasa, (6/1/2015).

Martinus mengatakan karena lambatnya proses pengerjaan, total anggaran pebangunan bendungan menjadi membengkak. Masalah pembebasan lahan menjadi alasan utama keterlambatan tersebut.

 “Kalau hitung dari awal kontrak mungkin lebih murah, tapi karena ini dicicil jadi mahal karena mengikuti harga sekarang. Total untuk seluruhnya sekitar 700 miliar,” katanya.

Sejauh ini menurutnya progres pembangunan fisik bendungan di Kalimantan Selatan yang sedang berjalan rata-rata sudah mencapai 60%.

Tag :
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top