SWASEMBADA GARAM: Produksi Tahun Ini Bisa 4 Juta Ton

Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan produksi garam tahun ini bisa mencapai 4 juta ton untuk mendukung program swasembada garam nasional.
Ihda Fadila
Ihda Fadila - Bisnis.com 07 Januari 2015  |  02:00 WIB
Teknologinya tak rumit. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan produksi garam tahun ini bisa mencapai 4 juta ton untuk mendukung program swasembada garam nasional.

Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) KKP Sudirman Saad mengatakan memproduksi garam dinilai tidaklah sulit. Produksi garam tahun ini dapat dicapai dengan mengedepankan teknologi geo membran.

"Garam sebenarnya tidak rumit teknologinya. Tidak ada intervensi canggih, seperti yang dilakukan negara pengimpor garam terbesar kita, Australia," ujarnya, Selasa (6/1/2015).

Selain teknologi, target 4 juta ton pada 2015 ini juga diperhitungkan atas banyaknya bulan kemarau yang terjadi. Menurutnya, bulan kemarau yang diprediksi selama 8 bulan dapat menjadi penentu target produksi tersebut bisa tercapai.

Terkait dengan pendanaan, lanjutnya, KKP mengajukan anggaran sebesar Rp500 miliar untuk pengembangan geomembran pada 2015 ini. Menurutnya, dengan dana tersebut, pengembangan geo membrane dapat dilakukan di 2.800 hektar.

"Bisa tercapai dengan pengembangan geo membran di lahan yang 10%. Total lahan petani untuk swasembada garam 2017 sebesar 28.000 hektar. 10% ini sekitar 2.800 hektar," katanya.

Tag : garam
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top