5 Alasan Pemerintah Tak Perlu Naikkan Harga BBM & Listrik

Wakil Ketua Komisi VI DPR Heri Gunawan menilai pemerintah tidak perlu menaikkan harga bahan bakar minyak dan tarif dasar listri pada bulan ini. Menurutnya, ada lima indikator terkait hal tersebut.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 14 Agustus 2015  |  21:08 WIB
Pembangkit listrik - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VI DPR Heri Gunawan menilai pemerintah tidak perlu menaikkan harga bahan bakar minyak dan tarif dasar listri pada bulan ini. Menurutnya, ada lima indikator terkait hal tersebut.

Pertama Harga minyak dunia sedang turun. Per 13 Agustus 2015 harga crude oil (nymex)  turun 0,09 atau saat ini berada di kisaran 43,21 dollar per barrel.

Kedua Kenaikan harga BBM dan TDL akan memicu kenaikan ongkos operasional dan angkutan yang akan merembes pada naiknya harga-harga. Sedangkan kenaikan itu akan sulit untuk turun lagi.

"Ketiga kenaikan harga BBM dan TDL itu pasti akan memicu inflasi yang lebih tinggi. Saat ini, inflasi kita masih tinggi," katanya dalam siaran pers yang diterima," Jumat (14/8/2015).

Keempat kenaikan harga BBM dan TDL tersebut akan memukul kegiatan usaha-usaha, terutama IKM dan UKM yang sedang kesulitan ongkos operasional dan produksi.

Kelima kenaikan harga BBM dan TDL tersebut ujungnya akan memicu gelombang pengangguran yang lebih tinggi, di mana saat ini, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) naik 300 ribu orang.

"Berdasarkan kelima indikator tersebut, maka langkah kenaikan harga BBM dan TDL tidak bisa diterima akal sehat," tegasnya.

Tag : Harga BBM
Editor : Bastanul Siregar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top