TripAdvisor: Pendekatan Lewat Review Pengunjung Tentukan Kinerja Hotel

Semakin luas pendekatan pihak hotel terhadap para tamu melalui review pengunjung, semakin baik pula kinerja hotel tersebut menurut satu hasil penelitian.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 02 September 2015  |  12:17 WIB
Hotel Serela Lagaligo Makassar. - Hotel Serela Lagaligo

Bisnis.com, JAKARTA—Semakin luas pendekatan pihak hotel terhadap para tamu melalui review pengunjung, semakin baik pula kinerja  hotel tersebut menurut satu hasil penelitian.

Kesimpulan itu diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan komunitas wisata internasional TripAdvisor bekerjasama dengan Atmosphere  Research Group, sebuah perusahaan riset industri perjalanan wisata.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan dengan mewawancarai para eksekutif senior industri perhotelan itu, terlihat bahwa review pengunjung sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kinerja sebuah hotel.

Kinerja yang baik berawal dari tingginya pageview  pengunjung dan visibilitas pasar yang lebih baik selain mendapatkan pengajuan pertanyaan yang lebih banyak terkait pemesanan, menurut hasil penelitian itu sebagimana dikutip situs TripAdvisor.co.id, Rabu (2/9/2015).

Hasil penelitian itu diperoleh setelah peneliti menganalisa data dari sedikitnya 12.000 properti yang berlokasi di 25 pasar trafik teratas di TripAdvisor untuk melihat  dampak dari pendekatan pengusaha perhotelan terhadap kinerja properti di situs tersebut. Kesimpulannya kemudian dimuat dalam satu makalah berjudul “Using Guest Reviews to Pave the Path to Greater Engagement” .

Setelah menganalisis data TripAdvisor, Atmosphere pun menemukan bahwa hotel dengan tingkat pendekatan yang lebih baik memperoleh tampilan halaman. Hotel itu bisa meraih tampilan halaman hampir empat kali lipat lebih banyak pada TripAdvisor.

Demikian juga dengan vibilitas pasar yang terbukti lebih tinggi. Akibatnya, peringkat popularitas rata-rata untuk hotel dengan tingkat keterlibatan yang tinggi mencapai 63% lebih tinggi dibandingkan pesaingnya yang tidak terlibat.

Hal terpenting lainnya yang diperoleh dari pendekatan yang lebih baik adalah pendapatan yang lebih besar. Studi tersebut menunjukkan bahwa hotel dengan tingkat pendekatan yang lebih baik akan memperoleh interaksi wisatawan 30% hingga 40% lebih banyak dengan produk pendorong pendapatan.

 

 

 

 

Sumber : tripadvisor.co.id

Tag : hotel, pariwisata
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top