PERDAGANGAN ONLINE: Kemendag Sebut Aturan E-Commerce Siap Diterapkan

Kementerian Perdagangan mengklaim rancangan peraturan mengenai e-commerce telah tuntas dan akan segera diimplementasikan.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 24 September 2015  |  17:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan mengklaim rancangan peraturan mengenai e-commerce telah tuntas dan akan segera diimplementasikan.

"Sudah selesai draft-nya di tingkat kami, substansinya sama dengan draft yang terakhir disetujui asosiasi dan pengusaha," kata Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan, Fetnayeti, Kamis (24/9/2015).

Dia menambahkan, pemerintah juga tengah menyusun sejumlah hal dalam roadmap tentang perdagangan berbasis online (e-commerce), di antaranya adalah cara bertransaksi, sistem keamanan, sistem pergudangan, serta mekanisme pengiriman dan transaksi yang akan diterapkan.

Selain itu, poin penting yang telah disepakati antara lain penggunaan nomor identitas, sertifikasi yang diterbitkan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hanya saja dalam roadmap yang disusun tidak dijelaskan tentang jenis produk yang bisa ditransaksikan. "Memang tidak ada rincian jenis produk."

Tag : e-commerce, kemendag
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top