Dukung Industri Mebel, Kompetisi Desain Mebel Bakal Digelar

Untuk membantu dan mendukung pemerintah meningkatkan ekspor mebel, Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) bersama Forest Stewardship Council (FSC) akan menggelar kompetisi desain mebel.
Ihda Fadila
Ihda Fadila - Bisnis.com 02 November 2015  |  04:25 WIB
Ilustrasi - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Untuk membantu dan mendukung pemerintah meningkatkan ekspor mebel, Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) bersama Forest Stewardship Council (FSC) akan menggelar kompetisi desain mebel.

Kompetisi bernama Indonesia Designer Challeng (IDC) 2016 ini merupakan ajang kompetisi desainer pertama di Indonesia yang bertujuan menempatkan para desainer Indonesia sebagai poros utama penggerak industri kreatif dengan menekankan pada proses produksi dan penggunaan bahan baku kayu serta bahan penunjang lain yang ramah lingkungan.

Bambang Kartono Kurniawan, Ketua HDMI, mengatakan peran desainer dalam industri mebel saat ini masih sangat lemah. Padahal, peran desainer sangat penting dalam menentuan daya saing mebel Indonesia di dunia internasional.

"Lemahnya riset selera pasar, isu lingkungan, dan sulitnya menjalin kerjasama dengan industri masih menjadi hambatan bagi para desainer sehingga performa desainer Indonesia tidak menonol di mata para buyers dan industri," katanya lewat keterangan resmi yang dikutip Bisnis.com, Minggu (1/11/2015).

Sebelumnya, pada Juni 2015, Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan Indonesia memiliki keunggulan dari segi ketersediaan bahan baku dan desainer mebel yang handal dalam menghadapi persaingan global.

Namun, pada kenyataannya, Kementerian Perindustrian sendiri dalam situs resminya mencatat nilai ekspor mebel di Indonesia pada 2014 hanya US$1,7 miliar, kalah bersaing dengan Vietnam sebesar US$4 miliar.

Nilai ekspor mebel pada 2014 diperkirakan sebesar US$122 miliar, didominasi oleh China sebesar US$45 miliar. Sementara itu, pemerintah optimistis dapat menargetkan kenaikan ekspor mebel hingga 20%.

Kompetisi yang didukung oleh Perhutani, William E. Connor & Associates Ltd (WECA), serta Bio Industri ini bertema More Than Woods, yaitu kayu untuk memberikan dorongan bagi desainer menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan sehingga berdampak nyata bagi upaya konservasi hutan di Indonesia.

Tag : mebel
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top