Proyek Jalur Kereta Pekanbaru-Dumai Tunggu Izin Menhub

PEKANBARU Pemerintah Provinsi Riau memastikan proyek pembangunan rel kereta di jalur Pekanbaru Dumai tidak akan berubah dan tetap sesuai jadwal sebelumnya.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 02 November 2015  |  04:59 WIB
Proyek rel kereta api. - Bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau memastikan proyek pembangunan rel kereta di jalur Pekanbaru – Dumai tidak akan berubah dan tetap sesuai jadwal sebelumnya.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masperi mengatakan pengerjaan proyek kereta hanya tinggal menunggu izin dari Menteri Perhubungan.

“Tinggal tunggu izin menteri perhubungan, saat ini izin trase jalur kereta tersebut sedang proses dari Kemenhub,” katanya Sabtu (31/10/2015).

Masperi mengatakan setelah izin trase jalur kereta diperoleh dari Kemenhub, pemprov akan membentuk panitia lokal yang menentukan titik dan jalur pembangunan dilalui kereta nantinya.

Selain itu akan dilakukan inventarisir pemilik lahan sehingga memudahkan panitia dalam kegiatan pembebasan lahan.

Jalur kereta Pekanbaru – Dumai ini kata Masperi, akan menyambung ke jalur kereta Trans Sumatra yang saat ini juga tengah dilaksanakan di Rantau Prapat Sumatra Utara.

“Dari sana [Rantau Prapat] akan menyambung ke Kota Dumai, setelah itu baru di Riau akan terus berlanjut ke Pekanbaru,” katanya.

Dengan lebar jalur kereta sekitar 10 meter, Masperi belum dapat menentukan dimana pintu masuk jalur kereta yang akan dibangun tersebut.
Adapun pembangunan jalur kereta di wilayah Riau saat ini sejalan dengan proyek infrastruktur lainnya yaitu pembangunan jalan tol Pekanbaru – Dumai yang masih dalam tahap pembebasan lahan.

Tag : kereta api
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top