Registrasi Kartu Seluler, 7 Provider Manfaatkan NIK

Pemerintah bersama tujuh provider seluler menjalin kerja sama untuk memanfaatkan nomor induk kependudukan atau NIK sebagai instrumen registrasi kartu seluler yang saat ini telah mulai diimplementasikan.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 02 Agustus 2016  |  18:44 WIB
Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada ketujuh provider khususnya Indosat dan Telkomsel yang secara konsisten menggunakan NIK sebagai registrasi prabayar. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah bersama tujuh provider seluler menjalin kerja sama untuk memanfaatkan nomor induk kependudukan atau NIK sebagai instrumen registrasi kartu seluler yang saat ini telah mulai diimplementasikan.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arief Fakhrulloh mengatakan masyarakat yang membeli kartu perdana dilakukan aktivasi dengan NIK sebagai alat registrasi. 

Menurutnya, pemanfaatan NIK dalam registrasi kartu perdana prabayar ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka pemanfaatan data kependudukan NIK dan kartu tanda penduduk elektronik (KTP el) untuk mencegah kriminal dan penegakan hukum sebagai amanat pasal 58 ayat (4) Undang-Undang No 24/2013.

“Ini juga memberikan perlindungan kepada penduduk agar tidak ada lagi gangguan dari sms orang tidak dikenal yang mengancam atau sms penipuan karena secara bertahap pemilik nomor hp akan terdata seluruhnya dengan NIK tersebut,” katanya seperti dikutip dari halaman Kemendagri, Selasa (2/8/2016).

Sementara itu, bagi masyarakat yang sudah punya kartu selular dan telah aktif, nanti didata NIK mereka pada tahap kedua, termasuk pengguna kartu pasca bayar. Namun, untuk saat ini, diberlakukan terlebih dahulu untuk kartu perdana yang baru saja konsumen beli.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada ketujuh provider khususnya Indosat dan Telkomsel, yang secara konsisten menggunakan NIK sebagai registrasi prabayar. Saat ini, ketujuh provider itu sudah memanfaatkan NIK dengan jumlah total 133.268 NIK.

Rinciannya, Indosat mengakses 108.160 NIK, Telkomsel 22.642 NIK, Telkomsel Indihome 1.864 NIK, XL Selular 193 NIK, Smartfren 179 NIK, Hutchinson 3 126 NIK dan Sampoerna Telcom 104 NIK.

Tag : ktp, selular
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top