Perdagangan Bebas: RI-Australia Sepakat Aktifkan Kerjasama IA-BPG. Ini Sektor yang Dibidik

Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Steven Ciobo bertemu dengan Menteri Perdagangan RI Enggartriasto Lukita untuk membahas kesepakatan yang belum tuntas soal perdagangan bebas.
Wike Dita Herlinda | 02 Agustus 2016 14:04 WIB
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Steven Ciobo bertemu dengan Menteri Perdagangan RI Enggartriasto Lukita untuk membahas kesepakatan yang belum tuntas soal perdagangan bebas.

Negosiasi untuk Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) diluncurkan kembali awal tahun ini. Adapun, pertemuan kedua menteri yang dihelat di Jakarta pada Selasa (2/8/2016) itu bertujuan membantu kemajuan baik yang sudah dicapai.

“Hasil awal yang signifikan dari IA-CEPA adalah diaktifkannya Indonesia-Australia Business Partnership Group [IA-BPG],” kata Steven dalam pernyataan resminya yang dilansir Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia pada hari yang sama.

Dia menjelaskan IA-BPG merupakan platform unik yang menyatukan pucuk pimpinan kelompok pebisnis Indonesia dan Australia untuk membantu menginformasikan negosiasi IA-CEPA.

“Menteri Lukita dan saya bertemu dengan IA-BPG hari ini dan menerima laporan kedua mereka yang memperinci peluang-peluang untuk memperkuat hubungan perdagangan dan investasi antara kedua negara lebih lanjut. Laporan ini memperbarui yang sebelumnya dirilis pada 2012,” imbuhnya.

IA-BPG, mewakili pebisnis Indonesia dan Australia yang bekerja sama, telah menghasilkan pandangan bersama tentang keuntungan potensial yang nyata dari perniagaan (komersial), perdagangan dan ekonomi yang dapat dihasilkan dari IA-CEPA.

“Ini mencerminkan semangat negosiasi IA-CEPA. Konsesus rekomendasi dari industri, seperti laporan yang kami terima hari ini, akan membantu membangun momentum dan ambisi dalam negosiasi IA-CEPA,” ujarnya.

Rekomendasi yang mengalir dari proses IA-BPG ini berkontribusi terhadap pengembangan inisiatif seperti kemitraan Australia dalam mengembangkan sektor daging dan ternak Indonesia, kerjasama jasa keuangan, dan kolaborasi di industri kreatif seperti adibusana dan perhiasan.

Tag : ri-australia, perdagangan bebas
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top