Kadin: Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN G2B Infrastructure

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengumumkan rencananya untuk menjadi tuan rumah dari ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum yang akan diselenggarakan pada tanggal 8-11 November 2016 dalam rangka Indonesia Infrastructure Week 2016 yang diadakan di Jakarta Convention Center di Jakarta, Indonesia.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 02 Agustus 2016  |  00:40 WIB
Rosan P. Roeslani - twitter.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengumumkan Indonesia menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum pada 8-11 November 2016 dalam rangka Indonesia Infrastructure Week 2016 yang diadakan di Jakarta Convention Center di Jakarta, Indonesia.

ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum merupakan sebuah inisiatif nirlaba dari kadin untuk membahas tantangan masa depan yang dihadapi Asean di empat tahapan pembangunan proyek infrastruktur, yaitu: perencanaan, pembiayaan, pembangunan dan pengoperasian.

Rosan P. Roeslani, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, mengungkapkan ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum akan berfokus pada agenda infrastruktur Indonesia selama 5 tahun ke depan senilai US$450 miliar dan ASEAN Master Plan for Connectivity senilai US$3,3 triliun untuk 15 tahun ke depan.

Forum ini juga akan menyediakan wadah bagi para pemimpin industri dan pemerintah di wilayah Asean untuk mendiskusikan kesempatan investasi domestik dan regional yang tercantum dalam Master Plan for ASEAN Connectivity 2025.

Sementara Asean Connectivity 2025 ditujukan untuk meningkatkan kehidupan penduduk Asean dengan memberikan kesempatan bagi masyarakat serta mendorong kemakmuran melalui pembangunan ekonomi dan perkembangan sosial.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Master Plan for ASEAN Connectivity (MPAC) menjadi panduan yang dikembangkan untuk dan difokuskan kepada tiga dimensi: konektivitas fisik yang meningkatkan infrastruktur; konektivitas institusi atau menyediakan kerangka kerja perdagangan, investasi serta peraturan; dan konektivitas antarmasyarakat yang memperluas kesempatan pendidikan dan mempromosikan pembangunan sumber daya manusia.

 

Tag : kadin
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top