LOWONGAN KERJA: Ini Lokasi Bursa Kerja di Tangerang

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang segera menggelar bursa kerja mini di tingkat kecamatan, tepatnya di Kecamatan Tangerang dalam waktu dekat.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 21 Agustus 2016  |  13:05 WIB
Ilustrasi: Bursa kerja - Antara

Bisnis.com, TANGERANG - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang segera menggelar bursa kerja mini di tingkat kecamatan, tepatnya di Kecamatan Tangerang dalam waktu dekat.

Bursa kerja mini ini merupakan salah satu upaya Disnaker Tangerang dalam menekan jumlah pengangguran di Kota Tangerang, khususnya di tingkat kecamatan. Kali ini, bursa kerja mini (mini job fair) akan dilaksanakan pada 30 Agustus 2016 di Gedung KNPI Kota Tangerang.

"Sudah ada 10 perusahaan yang akan bergabung dalam mini job fair ini antara lain yang bergerak di sektor perhotelan, manufaktur, dan jasa keuangan," kata Kepala Bidang Penempatan Ketenagakerjaan Disnaker Kota Tangerang Mahdiar kepada Bisnis, Minggu (21/8/2016).

Selain Kecamatan Tangerang, dirinya mengungkapkan bursa kerja mini juga akan digelar di dua kecamatan lainnya yakni Ciledug, dan Larangan. Pada Mei lalu, Disnaker sempat menggelar bursa kerja serupa dengan cakupan Kota Tangerang di Tangerang City Mall. Ribuan lowongan pekerjaan di dalam negeri dan luar negeri tersedia dalam bursa kerja itu dan diselenggarakan bertepatan dengan kelulusan siswa SMA/SMK.

Berdasarkan data Disnaker Kota Tangerang, jumlah pencari kerja mencapai 7.413 orang dengan lowongan terdaftar 9.843 dan penempatan sebanyak 3.436 per Mei tahun ini.

“Nanti, kami akan memanfaatkan bursa kerja itu untuk membuka pelayanan pembuatan kartu pencari kerja bagi penduduk Tangerang. Khusus cakupan kecamatan, kami memang berencana mengadakannya setiap dua tahun sekali,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Keselamatan dan Kesehatan Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Arprida Arimurti Agung menyebutkan upah pekerja di Kota Tangerang cukup tinggi dibandingkan wilayah-wilayah lainnya. Hal tersebut dibuktikan dengan masih bertahannya sejumlah perusahaan asing ternama kendati dilanda kesulitan ekonomi.

“Stabilitas yang kondusif juga menjadi faktor perusahaan tetap bertahan di KotaTangerang. Selain itu kualitas produksi tenaga kerja kita lebih baik, " ujarnya.

Tak hanya itu, Aprida menjelaskan upah minimum kota (UMK) Kota Tangerang tahun ini mencapai Rp3,04 juta, sedangkan jumlah pabrik atau perusahaan yang ada di Kota Tangerang saat ini sebanyak 2.500 perusahaan.

Kebanyakan pabrik di Tangerang memproduksi sepatu, tekstil dan garmen dan ketiga bidang usaha itu paling banyak menyerap tenaga kerja. Misalnya, PT Panarub yang saat ini memiliki 11.000 tenaga kerja.

Tag : tangerang
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top