Bisnis Indonesia - bisnis.com
Minggu, 25 September 2016

Pembangunan KEK Mandalika Masih Terkendala

Eka Chandra Septarini Jum'at, 23/09/2016 14:19 WIB
Pembangunan KEK Mandalika Masih Terkendala
Ilustrasi

Bisnis.com, MATARAM -- Pemerintah daerah provinsi Nusa Tenggara Barat berharap pemerintah pusat bisa memberikan perhatian terhadap keberlangsungan pembangunan kawasan ekonomi khusus Mandalika.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Muh. Amin mengatakan permasalahan anggaran menjadi salah satu batu sandungan pembangunan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah ini.

"Inilah yang kami terus lakukan, karena ini juga merupakan bagian dari direktif Presiden. Saya kira bagaimana mau membangun 10 kawasan prioritas kalau anggarannya saja tersendat-sendat dan pembangunan infrastruktur dasar tidak lengkap," ujar Amin kepada media di Mataram, Kamis (22/9/2016).

Amin juga menyesalkan belum optimalnya pembangunan wilayah di kawasan tersebut yang susah bebas dari sengketa. Menurutnya, kawasan yang sudah siap untuk dibangun lebih luas dibandingkan dengan lahan sengketa.

"Yang clear sudah lebih besar, yang belum clear kan cuma sedikit. Maksud kami yang sudah clear ini dikerjakan terlebih dahulu," ujar Amin.

Amin berharap penyelesaian sengketa lahan ini bisa segera diselesaikan sesuai dengan aturan yang berlaku agar proses pengembangan wilayah tidak lagi tertunda.

Kebutuhan anggaran untuk pembangunan di KEK Mandalika diperkirakan mencapai Rp3,3 triliun. Sebelumnya pemerintah sudah menggelontorkan dana senilai Rp250 miliar melalui skema penanaman modal negara (PNM).

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...