Bisnis Indonesia - bisnis.com
Sabtu, 01 Oktober 2016

Benahi Sanitasi, Pemerintah Libatkan Masyarakat

Deandra Syarizka Jum'at, 23/09/2016 16:04 WIB
Benahi Sanitasi, Pemerintah Libatkan Masyarakat
Ilustrasi.
.

Bisnis.com, JAKARTA– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun ini akan membangun Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di 753 lokasi dan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS-3R) di 180 lokasi yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

Program ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mencapai target Rencana Strategis 2015-2019 melalui program 100-0-100 yakni target 100% akses air minum, 0% kawasan permukiman kumuh, dan 100% akses sanitasi layak.

“Diperkirakan penduduk indonesia yang punya akses pada air bersih higienis pada awal 2015 sebesar 67%. Kita menargetkan bisa 100% di 2019,” jelas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (23/9/2016).

Dia mengatakan,  Kementerian PUPR memiliki Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman yang menangani masalah sanitasi. Program sanitasi meliputi sanimas, sanitasi komunal, dan juga sanitasi perkotaan seperti di Denpasar Sewerage System.

“Khususnya dengan Sanimas supaya kawasan pedesaan mengembangkan program itu, sehingga 2019 nanti mudah mudahan tidak ada yang BAB di kebun.” jelasnya.

Pembangunan Sanimas tersebut diprioritaskan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sementara program TPS-3R akan mengurangi jumlah sampah yang masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA), meningkatkan nilai guna sampah dan membantu program zero waste di permukiman.

Dalam pembangunan Sanimas dan TPS-3R, masyarakat berperan langsung dalam pembangunannya, sementara pemerintah memfasilitasi serta memberikan pendampingan pelaksanaan kegiatan. Beberapa kegiatan pembangunan Sanimas diantaranya seperti pembangunan prasarana Mandi Cuci Kakus (MCK), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kombinasi dengan MCK dan Sambungan Rumah (SR).

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...