Bisnis Indonesia - bisnis.com
Kamis, 29 September 2016

UMKM Tumbuh, PengangguranTerselubung Menurun

Newswire Jum'at, 23/09/2016 14:35 WIB
UMKM Tumbuh, PengangguranTerselubung Menurun
Ilustrasi
JIBIPhoto

Bisnis.com, YOGYAKARTA -Pemerintah diminta meningkatkan jumlah UMKM di Indonesia.

Dosen Pascasarjana program Studi Kebijakan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Sukamdi menyebutkan peningkatan jumlah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat menurunkan jumlah pengangguran terselubung di Indonesia.

"Strategi penting yang dapat diterapkan pemerintah adalah memperbanyak jumlah UMKM, sekaligus memberikan dukungan nyata bagi perkembangan UMKM tersebut," kata dia dalam diskusi Policy Corner, di Yogyakarta, Jumat (23/9/2016).

Ia mengatakan, saat ini jumlah pengangguran terselubung di Indonesia terus meningkat.

Hal itu, katanya, terjadi karena peningkatan jumlah pekerja di lapangan pekerjaan utama yang tidak terlalu membutuhkan skill atau keahlian khusus, seperti jasa kemasyarakatan, transportasi, pergudangan, dan komunikasi, perdagangan, serta pertanian, atau sering disebut pekerjaan informal.

Sementara itu, lapangan pekerjaan utama yang membutuhkan skill atau keahlian khusus di antaranya, sektor konstruksi dan sektor industri, yang sering disebut pekerjaan formal.

Data BPS mencatat, bahwa pada Februari 2016 penduduk bekerja pada kegiatan formal sebanyak 41,72% dan yang bekerja pada kegiatan informal sebanyak 58,28%.

Dibanding kondisi Februari 2015 persentase pekerja informal bertambah dari 57,94% pada Februari 2015, menjadi 58,28%.

"Artinya, jumlah pekerja di sektor informal meningkat, karena untuk bisa bekerja di sektor informal masyarakat tidak memerlukan produktifitas yang tinggi. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan satu orang, kini dikerjakan oleh beberapa orang sekaligus," papar dia.

Ia menambahkan, penciptaan UMKM secara masif diyakini mampu menciptakan lapangan kerja yang akan meningkatkan produktifitas pekerjanya, sebab UMKM harus terus meningkatkan daya saingnya agar mampu berhadapan dengan UMKM lain dalam menawarkan produk-produknya.

"Mengembangkan dan menciptakan UMKM secara masif, akan meningkatkan lapangan kerja produktif, khususnya UMKM yang akan memasok komponen tertentu dari produk mobil. Maka dipastikan, UMKM itu akan berkembang sekaligus akan menciptakan lapangan kerja produktif, jadi sangat diperlukan keterlibatan pemerintah," papar Sukamdi.

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...