Proyek SPAM Umbulan Jadi Prioritas Pemprov Jatim

Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 11 April 2017  |  23:10 WIB
Pengunjung berjalan di atas pipa air, di sumber mata air alam Umbulan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. - JIBI/Wahyu Darmawan

Bisnis.com, SURABAYA--Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Akhmad Sukardi mengatakan pemenuhan kebutuhan air minum merupakan salah satu prioritas utama. Proyek SPAM Umbulan, yang sempat terhenti selama 43 tahun, akhirnya ditarik oleh Pemprov Jatim karena pengoperasiannya akan memberi manfaat besar bagi masyarakat.

"Apabila pembangunan SPAM Umbulan ini terwujud akan mampu menghasilkan air 4.000 liter per detik, yang akan dibuat kebutuhan air minum berkualitas bagi lebih dari 1,3 juta jiwa penduduk Jatim, " ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Jatim, Selasa (11/4/2017).

Pemprov Jatim juga mendukung program 100-0-100 pada tahun 2019 yang artinya 100% warga terlayani sarana air bersih, zero (nol) kawasan kumuh dan 100% masyarakat terlayani sanitasi.

"Jadi, saya minta tim simpul SPAM dapat mempercepat pembangunan Umbulan, sehingga target selesai sesuai pada 2019," ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Simpul KPBU - SPAM Umbulan Jatim Lilly Sholeh mengatakan setelah ada perjanjian pemprov dan pemerintah pusat, serta pihak swasta sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat sekitar umbulan yaitu Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan.

Saat ini lahan yang sudah dibebaskan untuk proyek SPAM Umbulan 6,8 hektar.

"Dari sosialisasi terakhir pada bulan maret di kabupaten Pasuruan, masyarakat Pasuruan bisa menerima pembangunan umbulan tersebut," ujarnya.

Tag : spam umbulan
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top