Huawei Perkenalkan Teknologi Tower Ekonomis

Huawei Technologies, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Shenzhen, China, memperkenalkan teknologi tower pemancar yang lebih ekonomis untuk menjangkau kawasan urban maupun pedalaman.
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 12 April 2017  |  13:29 WIB
Huawei - Reuters/Carlos Barria

Bisnis.com, SHENZHEN – Huawei Technologies, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Shenzhen, China, memperkenalkan teknologi tower pemancar yang lebih ekonomis untuk menjangkau kawasan urban maupun pedalaman.

Alex Zhang, GSM & UMTS & CDMA Marketing, Wireless Product Line Huawei, mengatakan teknologi yang digunakan untuk kedua kebutuhan itu disesuaikan dengan kondisi setempat.

Produk PoleStar ditawarkan untuk memberikan layanan di kawasan perkotaan padat penduduk, sedangkan produk RuralStar ditawarkan untuk membuka akses di kawasan pedalaman.

“Produk ini sangat ekonomis jika dibandingkan dengan tower konvensional. ROI [return on investment] kurang dari 5 tahun, jauh lebih rendah dibandingkan ROI tower konvensional yang rata-rata dapat mencapai lebih dari 10 tahun,” ujarnya dalam Huawei Analyst Summit 2017, Rabu (12/4/2017).

Teknologi tower yang diperkenalkan Huawei ini ekonomis karena memangkas waktu pemasangan, menghemat tempat pendirian tower, serta menurunkan biaya operasional.

Teknologi tower yang diperkenalkan Huawei ini ekonomis karena memangkas waktu pemasangan.

Alex mencontohkan produk PoleStar yang telah dioperasikan di Bangkok, Thailand. Selama satu bulan, PoleStar telah terpasang di lebih dari 2.000 tempat. Persebaran perangkat PoleStar dapat dilakukan secara masif karena tidak membutuhkan tempat khusus sebagaimana tower pada umumnya.

PoleStar dipasang di titik-titik yang sudah ada seperti halte bus, tiang listrik, supermarket dan minimarket.

Sementara itu, produk RuralStar telah mulai diperkenalkan di sejumlah negara di Afrika. Salah satu pilot project yang telah dijalankan oleh Huawei adalah pemasangan RuralStar di Ghana. Salah satu nilai tambah produk ini adalah memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber tenaga utama.

Tag : tower, huawei
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top