Ini Alasan Penurunan Pengiriman PC Global

Pengiriman personal computer (PC) pada kuartal I/2017 anjok sebesar 2,4% atau hanya 62,2 juta unit. Jumlah itu menjadi yang terendah sejak 2007 karena untuk pertama kalinya berada di bawah angka 63 juta unit.
Thomas Mola | 13 April 2017 02:36 WIB
Personal Computer - TurboSquid

Bisnis.com, JAKARTA--Pengiriman personal computer (PC) pada kuartal I/2017 anjok sebesar 2,4% atau hanya 62,2 juta unit. Jumlah itu menjadi yang terendah sejak 2007 karena untuk pertama kalinya berada di bawah angka 63 juta unit.

Lembaga riset teknologi Gartner menyebutkan industri PC mengalami pertumbuhan moderat. Konsumen masih menahan untuk membeli PC baru atau malah meninggalkan PC sama sekali. Peluang masih ada pada segmen bisnis karena PC menjadi perangkat utama untuk kerja.

"Pasar konsumen terus menyusut, sehingga memperkuat posisi bisnis akan sangat penting untuk menjaga pertumbuhan," kata Mikako Kitagawa, Analis Gartner pada keterangan resmi, Rabu (12/04/2017).

Gartner menyebutkan vendor yang tidak memiliki kekuatan pada segmen bisnis akan mengalami masalah serius pada lima tahun ke depan. Beberapa vendor utama akan bersaing sangat ketat untuk memperebutkan pasar segmen bisnis.

"Tiga vendor-Lenovo, HP dan Dell- akan bertarung untuk memperbesar segmen pasar. Pasar sangat terbatas untuk vendor lain kecuali Apple yang memiliki loyalitas pengguna" tambahnya.

Adapun, pada kuatal I/2017 Lenovo menguasai pasar dengan mencaplok 19,9% pangsa pasar. Posisi kedua ditempati oleh HP dengan 19,5%, disusul Dell dengan 15%.

Tag : pc
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top