T3 Bandara Soeta Dibuka Penerbangan Internasional Mulai Mei

Kementerian Perhubungan akhirnya memberikan lampu hijau bagi Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng untuk mulai melayani penerbangan antar negara pada 1 Mei 2017.
Ringkang Gumiwang
Ringkang Gumiwang - Bisnis.com 14 April 2017  |  22:50 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kanan) mendapat penjelasan dari Direktur Operasional dan Teknik PT. Angkasa Pura II Djoko Murdjatmojo (ketiga kiri) tentang Auto Gate terkait persiapan akhir pembangunan Terminal 3 Internasional di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (28/3). - Antara/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, TANGERANG - Kementerian Perhubungan akhirnya memberikan lampu hijau bagi Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng untuk mulai melayani penerbangan antar negara pada 1 Mei 2017.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Kemenhub telah mengevaluasi kesiapan terminal 3 Soekarno-Hatta. Meski terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki, Garuda Indonesia dapat mulai melayani penerbangan internasional pada 1 Mei 2017.

“Setelah saya lihat memang ada beberapa yang mesti di-improve. Tapi kita putuskan 1 Mei 2017, Garuda bisa beroperasi, semuanya,” katanya saat berkunjung ke Terminal 3 Soekarno-Hatta, Jumat (14/04).

Setelah itu, lanjut Budi, PT Angkasa Pura (AP) II dan Garuda Indonesia juga diharapkan untuk dapat menggelar latihan atau simulasi secara terus menerus hingga 1 Mei 2017, khususnya pada waktu ramai (peak time).

Menurutnya, simulasi itu diperlukan agar pengelola bandara dan maskapai dapat melihat sejauh mana kelancaran operasi penerbangan internasional nantinya, mulai dari sisi SDM, peralatan,groundhandling dan lain sebagainya.

“Katakanlah jam 8 malam ke luar negeri dengan 8 pesawat itu beroperasi. Nah, bagaimana cara kerja daripada check-in, BHS [baggage handling system] petugas yang melayani dan lainnya. Ini masih ada waktu 15 hari, SOP dan peralatan harus siap,” tuturnya.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin menuturkan bahwa masih terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki pada Terminal 3. Namun demikian, hal tersebut bersifat minor, misalnya AC yang kurang dingin, dan rambu yang perlu ditambah.

Selain itu, perseroan yang mengelola 13 bandara di Indonesia barat tersebut juga akan segera mengirimkan surat kepada Garuda Indonesia, dimana surat tersebut menyatakan Terminal 3 Internasional siap beroperasi pada 1 Mei 2017.

“Jadi surat itu menjadi dasar bagi Garuda untuk declare kepada mitra mereka yang tergabung dalam aliansi Skyteam. Surat ini diperlukan karena Garuda akan connecting dan landing ke terminal baru,” ujarnya.

Seperti diketahui, pengembangan Terminal 3 Soekarno-Hatta dilakukan secara bertahap. Saat ini, Terminal 3 sudah melayani seluruh penerbangan domestik Garuda. Secara keseluruhan, kapasitas Terminal 3 akan mencapai 25 juta penumpang.

Tag : Terminal 3 Ultimate
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top