Jack Ma Agresif Buru MoneyGram

Ant Financial milik Jack Ma memutuskan meningkatkan nilai penawaran setelah bulan lalu Euronet Worldwide Inc. mengajukan penawaran pembalian US$15,2 per lembar saham.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 17 April 2017  |  10:35 WIB
Pendiri Alibaba.com Jack Ma - Reuters

Bisnis.com, Jakarta — Ant Financial semakin agresif memburu MoneyGram. Perusahaan milik Jack Ma tersebut menaikkan penaawaran pembelian menjadi Rp15,91 triliun.

MoneyGram International Inc. adalah perusahaan penyedia jasa pengiriman uang yang berbasis di Amerika Serikat yang memiliki sekitar 347.000 agen di seluruh dunia.

Bloomberg melaporkan Ant Financial menaikkan penawaran pembelian atas MoneyGram sebesar 36% dari US$13,25 per lembar saham menjadi US$18 per lembar saham. Penawaran yang baru mendongkrak total nilai seluruh saham MoneyGram menjadi US$1,2 miliar atau sekitar Rp15,91 triliun.

Penawaran atas MoneyGram adalah upaya ekspansi global Ant Financial. Ant Financial, yang sebelumnya dikenal sebagai Zhejiang Ant Small & Micro Financial Services Group, adalah perusahaan penyedia jasa manajemen keuangan, asuransi, dan pinjaman konsumer. 

Adapun Euronet memiliki jaringan sekitar 35.000 ATM dan 800.000 titik pelayanan penjualan di seluruh dunia. Perusahaan itu telah dua kali mengajukan penawaran pembelian atas MoneyGram yaitu pada 2007 dan pada 2013.

Ant Financial memutuskan meningkatkan nilai penawaran setelah bulan lalu Euronet Worldwide Inc. mengajukan penawaran pembalian US$15,2 per lembar saham. Euronet yang berbasis di Amerika Serikat mengklaim penawaran mereka memiliki potensi lebih besar untuk disetujui oleh otoritas di Negeri Paman Sam.

Kepercayaan diri Euronet dilatarbelakangi oleh posisi keras Presiden AS Donald Trump atas China. Akuisisi MoneyGram oleh AntFinancial berpotensi diawasi ketat oleh CFIUS, komisi antar-agensi yang bertugas memonitor akusisi perusahaan AS oleh investor luar negeri.

Tag : alibaba, fintech
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top