Indonesia Targetkan Kunjungan Wisman AS Naik 25%

Kementerian Pariwisata optimistis mampu menggaet kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Amerika Serikat ke Indonesia hingga 25% menjadi 375.000 orang tahun ini.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 17 April 2017  |  00:07 WIB
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pariwisata optimistis mampu menggaet kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Amerika Serikat ke Indonesia hingga 25% menjadi 375.000 orang tahun ini.

Mengutip data Kemenpar, kunjungan wisman Amerika Serikat (AS) ke Indonesia tumbuh 11,05% menjadi 300.000 pada 2016 dibandingkan periode yang sama sebelumnya sebesar 260.000.

“Angka ini mengalahkan jumlah kunjungan wisman Inggris sebesar 300.000 ribu. Sejauh ini, wisman AS memilih Bali sebagai destinasi favorit mereka,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Minggu (16/4/2017).

Saat ini, menurutnya, Garuda Indonesia berencana membuka rute Indonesia ke Los Angeles dan transit di Jepang. Namun, hingga saat ini, Garuda Indonesia belum mengantongi izin transit di Jepang.

Foto:Antara

Untuk mendukung target kunjungan wisman AS tahun ini, Kemenpar menyiapkan enam agenda kegiatan pariwisata ke AS antara lain mengikuti pameran New York Times Travel Show (umum), Los Angeles Travel and Adventure Show (umum), Searade Cruise Global (cruise), IMEX Amerika (MICE), DEMA Show (diving), dan Indonesia Sales Mission in USA atau misi penjualan pariwisata ke kota-kota besar sumber wisman di AS.

“Bali masih menjadi destinasi favorit mereka. Ini yang harus diarahkan ke destinasi lainnya, misalnya ke 10 destinasi Bali Baru yang tengah dikembangkan oleh Indonesia,” tambahnya.

Foto:Setkab

Pada tahun ini, Indonesia menargetkan kunjungan wisman mampu mencapai 15 juta orang. Sejumlah pasar utama antara lain China, Malaysia, Singapura, dan Eropa menjadi sasaran Kemenpar dalam melakukan aktivitas branding, promosi, dan selling pada tahun ini.

Tag : pariwisata
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top