Seperti Jatim, Jabar dan Jateng Pertahankan Pelabuhan Perikanan

Seperti Pemprov Jawa Timur, Pemprov Jawa Tengah dan Jawa Barat tetap akan mempertahankan pelabuhan perikanan di wilayahnya sesuai peruntukan saat ini.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 18 April 2017  |  17:40 WIB
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti Pemprov Jawa Timur, Pemprov Jawa Tengah dan Jawa Barat tetap akan mempertahankan pelabuhan perikanan di wilayahnya sesuai peruntukan saat ini.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng Lalu M. Syafriadi mengatakan 11 pelabuhan perikanan di provinsi itu ramai didarati nelayan.

"Itu (pelabuhan perikanan mangkrak) tidak ada di Jateng. Saya sendiri belum tahu data yang 333 (pelabuhan)," katanya saat dihubungi, Selasa (18/4/2017).

Hal yang sama juga dikemukakan Pemprov Jabar. "Tidak ada rasanya," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Jafar Ismail.

Saat dimintai keterangan, Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja mengatakan pelabuhan perikanan yang mangkrak umumnya berada di luar Jawa.

"Nelayan kita itu unik-unik. Ada yang enggan mendaratkan ikan di TPI (tempat pelelangan ikan) karena ingin meletakkan perahunya di dekat rumahnya," ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah pusat ingin pemda mengalihfungsikan pelabuhan perikanan yang tidak layak dan tidak didarati nelayan.

Sjarief menyebutkan, dari 816 pelabuhan, hanya 483 yang layak. Pelabuhan yang layak itu akan diangkat menjadi standard pelabuhan higienis. Sebaliknya, 333 pelabuhan yang tidak layak akan dialihfungsikan, a.l. menjadi pelabuhan penyeberangan, tempat pemancingan, atau destinasi pariwisata.

Tag : perikanan
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top