Sultra Bakal Miliki Bendungan Besar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah membangun dua bendungan besar di Provinsi Sulawesi Tenggara. Pembangunan kedua bendungan tersebut ditargetkan selesai pada 2020 dan 2023.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 19 April 2017  |  19:40 WIB
Bendungan - Ilustrasi/pengairan.acehprov.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah membangun dua bendungan besar di Provinsi Sulawesi Tenggara. Pembangunan kedua bendungan tersebut ditargetkan selesai pada 2020 dan 2023.

Kepala Pusat Bendungan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ni Made Sumiarsih mengatakan, kedua bendungan yang tengah dibangun yakni Bendungan Ladongi dan Pelosika.

"Ada dua bendungan yang dibangun, Bendungan Ladongi yang ditargetkan selesai pada 2020 dan Bendungan Pelosika yang ditargetkan selesai pada 2023," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (19/ 4).

Saat ini, pembangunan Bendungan Ladongi telah mencapai 30% dengan biaya Rp844,50 miliar. Bendungan yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional ini berdaya tampung 45,94 juta meter kubik.

"Sementera itu, Bendungan Pelosika direncanakan segera dibangun dan membutuhkan biaya Rp3,90 triliun. Bendungan Pelosika ini masih dalam proses," ujar Sumiarsih.

Bendungan Pelosika di Kabupaten Konawe ini memiliki daya tampung yang lebih besar lagi yakni, 822,26 juta meter kubik.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top